5G Akan Jadi Angin Segar Bagi Para Gamers

oleh

MACCANEWS- Rencana pengembangan 5G menjadi angin segar bagi para gamers dunia. Jika selama ini penyimpanan jarak jauh atau kerap dikenal Cloud hanya bisa mengakses musik, film dan dokumen, ke depan dengan jaringan 5G, Cloud bisa juga menyimpan game game dengan resolusi tinggi.

Selama ini perkembangan Game sejalan dengan perkembangan komputer dengan spesifikasi tinggi. Selain membutuhkan resolusi yang tinggi, data yang cepat dan kapasitas yang besar menuntut pecinta games harus merogoh kocek lebih untuk menyediakan perangkat yang memadai.

Analis Game dari Wedbush Securities menilai tak lama lagi 5G akan menjadi salah satu jalan bagi para games untuk bisa bermain secara realtime. Ia memprediksi angin segar ini akan terealisasi pada 2019 atau 2020 mendatang.

“Para gamers nantinya akan lebih banyak pilihan dan tidak perlu repot lagi untuk membawa perangkat kompatibel untuk bermain game,” ujar Michael Pachter seperti dilansir dari CNBC, Sabtu (28/4).

Dunia perfilman dan musik sudah lebih dulu melakukan penyimpanan cloud ini. Seperti Netflix dan Spotify. Hal ini membuat perangkat seperti MP3, atau DVD lenyap dari dunia. Saat ini semua orang bisa mengakses hobi mereka dalam genggaman.

“Sama seperti orang menyimpan film dan musik favoritenya melalui handphone. Para gamers juga ingin melakukan hal ini dari server jarak jauh,” tambah Michael.

Industri Game pun menurut Michael akan bergeser dengan hadirnya 5G yang mendukung akses data yang lebih cepat dan besar untuk para gamers ini. Ia mengatakan pihak Sony Playstation dan Shadow sudah mulai melakukan pengembangan ini. (*)