Bupati Barru Hadiri Acara “Mappadendang” Di Dusung Congko, Desa Siddo

oleh

MACACCANEWS– Mappadendang merupakan acara yang dilakukan petani suku bugis sebagai bentuk kesyukuran atas kesuksesan hasil panen padi mereka.

Seperti yang dilakukan Warga Dusun Congko,Desa Siddo, Kabupaten Barru. Kamis malam (19/3/2018) menggelar kegiatan mappadendang yang dihadiri Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh.

H. Suardi Saleh dalam sambutannya mengatakan,Pemerintah mengapresiasi kegiatan seperti mappadendang karena  mengandung nilai dan manfaat dari  acara ini.

Mantan Kepala Dinas PU Kabupaten Pinrang  menyebut, baik tahun 2018 mengupayakan tahun ini proyek jalan yang ada di dusun Congko Desa Siddo ini sudah terlaksana.

” Insha Allah pembangunan jalan tahun depan akan terealisasi, agar  akses masyarakat  untuk memasarkan produk/hasil pertaniannya tidak terhambat,”tuturnya.

Selain itu,  Suardi menjanjikan untuk perbaikan Danau seluas 10 hektar yang ada didusun congko desa Siddo, karena menurutnya  sangat berpotensi untuk mengairi persawahan selain sangat terbuka menjadi objek wisata.

Sementara itu Kepala Desa Siddo Drs As’Appas mengatakan, Acara mappadendang dilaksanakan setiap tahun setiap selesai panen musim tanam tahun pertama. (Herdiman Tabi)