Bupati Suardi Hadiri Panen Padi Gogo di Tanete Riaja

oleh

MACCANEWS- Bupati Barru Ir. H. Suardi Saleh, M.Si menghadiri acara panen perdana Komoditi Padi Variatas Inpago Unsued 1 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Barru Bekerja Sama Ikata Alumni Gabunga Pemuda Pelajar Mahasiswa Barru (Ika Gapembar), Tempat kelompok Tani LALLE II Ralla Kelurahan Lomppo Riaja Kec. Tanete Riaja, kamis (12-04-18).

Prof. Dr. Juwanda judda, MMS. menyampaikan bahwa padi Varites Inpago Unsoed I adalah jenis padi Gogo baru yang telah dirilis oleh Menteri Pertanian pada tahun 2011, padi varietas ini merupakan hasil rakitan peneliti Fakultas Pertanian Universitas Jendral Soedirman dalam rangka memberikan kontribusi untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Padi ini berasal dari hasil persilangan padi Gogo Poso yang dikenal tahan kering dan daya hasilnya tinggi, disilangkan dengan padi Menthik wangi yang dikenal aroma wangi.

Ir. H. Suardi Saleh, M.Si berharap agar petani menjalin kerjasama dengan berbagai mitra usaha bidang pertanian yang ada. para penyuluh pertanian lapangan (PPL) dan kelompok tani, agar terus menerus meningkatkan pembinaan dan bimbingan kepada para petani, sehingga para petani akan terbantu dalam menerapkan teknologi tepat guna dalam meningkatkan hasil panen yang semakin meningkat .

untuk mencapai swasembada pangan, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan yaitu diantaranya, yang pertama dari Dinas Pertanian dan Pangan Kabupen barru. Ir. H. Suardi Saleh, M.Si meminta untuk melakukan pengembangan sarana dan prasarana pertanian, seperti pembangunan jalan usaha tani, penyediaan alat dan mesin pertanian, peningkatan produktivitas, peluasan areal tanam, pengolahan dan pemasaran hasil pertanian. (Herdiman Tabi)