Jangan Coba Coba Melanggar, Operasi Patuh Mulai Digelar

oleh

 

MACCANEWS.-Kepala Kepolisian Resort Bulukumba AKBP.M.Anggi Naulifar Siregar, Kamis (26/4) pagi tadi, memimpin apel pasukan pperasi patuh tahun 2018 dihadiri Waka Polres Kompol.Syarifuddin, SH bersama sejumlah pejabat Polres, selain itu juga dihadiri personil Kodim 1411 Bulukumba, Satpol PP dan pasukan Damkar di lapangan apel Polres Bulukumba, ditandai dengan pemasangan pita oleh Kapolres kepada masing masing perwakilan.

Operasi patuh yang serentak dilaksanakan di seluruh Indonesia dari tanggal 26 April sampai 9 Mei mendatang, diharapkan seluruh pengendara agar tetap patuh dan tidak melakukan pelanggaran lalulintas.

Kapolres Bulukumba AKBP M Anggi Naulifar Siregar,S.Ik,M.Si, membacakan amanat Korlantas Polri antara lain menyatakan, perkembangan transportasi juga telah menginjak era digital, dimana operasional order angkutan publik sudah berada dalam genggaman (cukup menggunakan handphone).

Modernisasi ini perlu diikuti dengan inovasi dan kinerja Polri khususnya Polantas, sehingga mampu mengantisipasi segala dampak yang akan timbul dari modernisasi transportasi tersebut. ” Polisi lalu lintas terus berupaya melaksanakan program Kapolri yang disebut promoteri (profesional-modern -terpercaya),” papar Kapolres saat membacakan amanat Korlantas.

Selanjutnya dikatakan sesuai amanat Undang-undang No. 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan, diharapkan untuk mewujudkan dan memelihara keamanan, keselamatan dan kelancaran serta ketertiban berlalu lintas (Kamseltibcarlantas), meningkatkan kualitas keselamatan dan menurunkan tingkat fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, serta membangun budaya tertib berlalu lintas, meningkatkan kualitas pelayanan kepada publik.

” Salah satu yang menjadi fokus perhatian saat ini adalah keselamatan bagi pengguna jalan. Keselamatan memang sesuatu yang pertama dan utama dalam berlalu lintas. Dalam konteks ini, lalu lintas dapat dipahami sebagai urat nadi kehidupan, cermin budaya bangsa dan cermin tingkat modernitas,” papar Kapolres Bulukumba.

Keselamatan dalam berlalu lintas, memang sering diabaikan bahkan tidak dianggap penting. Kesadaran pengguna lalu lintas, baik pejalan kaki, pengendara kendaraan bermotor, maupun pengguna jalan lainnya masih rendah, bahkan masih ditemukan pengendara yang melawan arus lalu lintas serta menggunakan kendaraan bak terbuka untuk transportasi masyarakat.

Secara umum dari hasil evaluasi tersebut, diketahui bahwa dominasi pelanggaran yang terjadi adalah pelanggaran kelengkapan surat-surat kendaraan, penggunaan Safety Belt dan pelanggaran terhadap rambu/marka jalan.

Untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan, seperti dibacakan AKBP.M.Anggi, maka operasi ini dilaksanakan dengan mengutamakan tindakan represif, berupa penegakkan hukum penilangan yang terukur bagi para pelanggar lalu lintas tanpa mengesampingkan kegiatan preemtif dan preventif serta dilakukan dengan tindakan kepolisian yang humanis mengedepankan 3 S (senyum sapa salam)

” Melalui operasi patuh ini, diharapkan akan tercapai beberapa tujuan seperti, terwujudnya disiplin masyarakat dalam berlalu lintas, turunnya angka kecelakaan lalu lintas dan mampu menekan jumlah fatalitas korban kecelakaan lalu lintas, berkurangnya titik kemacetan terciptanya kerjasama yang baik antar instansi pemangku kepentingan lalu lintas dan terwujudnya situasi dan kondisi kamseltibcar lantas yang mantap, ” demikian akhir amanat yang dibacakan Kapolres Bulukumba.- (Edy) .-