Kondisi Mental Pemain PSM Sudah Pulih

oleh

MACCANEWS- Pelatih PSM Makassar Robert Rene Alberts menegaskan kondisi mental pemainnya sudah pulih sehingga kini fokus mempersiapkan diri menghadapi tuan rumah Barito Putera dalam lanjutan Liga 1 di Stadion 17 Mei Banjarmasin, Senin (16/4). Alberts mengatakan, kekalahan yang diderita tim Juku Eja oleh Persela Lamongan di hadapan publik sendiri pada pekan lalu sempat membuat mental PSM mengalami gangguan.

“Namun kondisi itu kini sudah dilupakan. Untuk mental pemain sudah dalam kondisi bagus. Mereka tahu jika tugas kali ini akan berbeda dan jauh lebih sulit,” kata Alberts, Jumat (14/4/2018).

Alberts menjelaskan, kondisi tim yang kembali bagus tentu dibutuhkan saat ini karena PSM menghadapi Barito Putera. Apalagi PSM sedang dalam masalah karena hampir 30 persen kekuatan tim tak bisa tampil dengan berbagai alasan.

Untuk laga nanti, tim kebanggaan masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan itu memang tidak akan diperkuat sejumlah pilar utama yang selama ini juga menjadi roh permainan PSM, yakni Marc Anthony Klok dan Wiljam Pluim.

PSM kemungkinan besar juga belum bisa diperkuat penyerang asingnya Bruce Djite. Kondis sang striker belum pulih 100 persen pascacedera yang dialami pada masa persiapan tim menghadapi musim ini.

Untuk Marc Anthony Klok harus ditinggal di Makassar karena harus menjalani hukuman larangan tampil akibat sanksi akumulasi kartu kuning. Sementara, gelandang yang juga motor serangan Wiljam Pluim terpaksa meninggalkan PSM dan absen menghadapi tuan rumah karena harus kembali ke Belanda untuk menjenguk ayahnya yang dalam keadaan kritis.

Sebaliknya dari kubu tuan rumah, mental pemain Barito justru tengah dalam tren meningkat setelah di pertandingan sebelumnya berhasil mengalahkan tuan rumah Persebaya Surabaya dengan skor 2-1. “Pemain sudah mengetahui tugasnya pada pertandingan nanti akan jauh lebih berat dan itu membutuhkan fokus. Namun untuk mental para pemain memang sudah bagus,” jelas Alberts. (*)