Buka Sosialisasi Istithaah Kesehatan, Ini Pesan Bupati Barru

oleh

MACCANEWS– Untuk membantu kelancaran pelaksanaan ibadah haji, para Calon Jamaaah Haji (CJH) diminta terus menjaga kondisi kesehatan baik sebelum berangkat maupun selama berada ditanah suci sampai kembali ke tanah air, kata Suardi Saleh dalam sambutan pembukaan Sosialisasi Istithaah Kesehatan, di Aula Dinas Kesehatan, Kabupaten Barru. Sabtu ,5 Mei 2018.

Ia menyampaikan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memberikan pelayanan,pelatihan kepada calon jamaah agar di dalam pra keberangkatan kondisi para calon jamaah betul-betul sehat jasmani dan rohani dan Bapak Bupati juga menekankan pentingnya jiwa bersih dalam tubuh yang sehat agar ibadah haji ini menjadi Mabrur selamat sampai tujuan dan kembali pulang dengan selamat untuk berkumpul kembali bersama keluarga tercinta “Atur pola makan, ikuti arahan petugas kesehatan dan materi yang diberikan saat sosialisasi istihaah,”kata Suardi Saleh

Suardi Saleh mengungkapkan, jika pemerintah terus berupaya memberikan pelayanan terbaik untuk para calon jamaah haji.”InsyaAllah fasilitas dan pelayanan terbaik untuk jamaah, terutama dibidang transportasi gratis dan mobilnya yang paling bagus.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Safaruddin Nurdin mengatakan,  bagi calon jamaah haji sangat perlu untuk memeriksakan kesehatannya dan perlu ada  pembinaan  untuk memperkuat program pyang mengintegerasikan program pendekatan keluarga menuju Indonesia sehat dan telah terintegrasi jamaah haji dan keluarga, untuk melakukan vaksinasi juga penting sebelum melakukan keberangkatan.

Melalui sosialisasi ini kata Safaruddin, adalah menguatkan perhatian pemerintah untuk pelayanan ibadah haji bagi masyarakat yang lebih baik dari tahun-ketahun.

“semoga sosialisasi ini banyak ilmu yang di dapat bagi calon jamaah haji. Untuk itu ikutilah kegiatan ini dengan sebaik-baiknya karena sekecil apapun ilmu pasti akan bermanfaat untuk kelancaran ibadah.” Tuturnya.

Sosialisasi istithaah jamaah haji yang diselenggarakan oleh kerja sama kementerian kesehatan,germas,kementerian agama dan pemerintah kab.Barru turut hadir anggota DPR RI komisi IX Bapak Samsul bahri, perwakilan pusat kesehatan Haji dan  pegawai ruang lingkup dinkes Kabupaten Barru. Dalam acara ini juga  dilaksanakan pemeriksaan kesehatan yang jumlahnya 172 jiwa,calon jamaah haji baik secara fisik dan mental dan tata cara haji oleh tim puskesmas se Kabupaten Barru .(Herdiman Tabi)