Bupati Andi Sukri Mewisuda Santri Di Herlang

oleh

MACCANEWS– Untuk kesekian kalinya kegiatan wisuda santri dilaksanakan BKPRMI, baru kali ini Bupati AM.Sukri A.Sappewali berkesempatan menghadiri sekaligus mewisuda 281 santri dan santriwati dari 33 Taman Pendidikan Al Quran se Kecamatan Herlang, didampingi Kabag Kesra Hj.Darmawati, Kabag Protokol A.Buyung Saputra, Abd.Hakim mewakili Kepala Kementrian Agama dan ketua DPD BKPRMI Bulukumba Umar Tawakkal.

Wisuda santri kali ini, digelar di mesjid Nurul Yaqin Desa Gunturu Kecamatan Herlang, selain dihadiri orang tua santri, juga hadir Camat Herlang, Jumali, Kepala Desa Gunturu Andi Iqbal, Tokoh perempuan Hj.Andi Banri Abbas, tokoh agama serta tokoh pemuda.

Sebelum mewisuda para santri, Bupati Andi Sukri memanggil sejumlah santri sekaligus menguji kemampuan santri. Dihadapan ratusan orang yang memadati mesjid, santri yang ditunjuk diminta membacakan ayat Qursy dan doa sebelum makan, spontan anak anak membacakan yang diminta Bupati, selanjutnya Bupati Andi Sukri merogoh sakunya sambil memberikan pecahan Rp.100 ribu kepada masing masing anak yang diuji.

Bukan hanya santri, Bupati juga mengundang sejumlah guru atau Ustadza tampil dihadapan Bupati sambil menjawab pertanyaan bupati. Hanya saja, dari tiga orang Ustadza yang ditanya, ternyata ada diantaranya yang tidak mengetahui nama Bupatinya. ” Siapa nama Bupati Bulukumba, ?” tanya Andi Sukri.

Dari tiga orang Ustadza yang tampil, ternyata hanya satu orang yang mengetahui nama Bupatinya, itupun tidak lengkap. Nama Bupati Bulukumba Andi Sukri, jawab satu orang Ustadza, sementara yang dua hanya bisa tersenyum.

Bahkan lebih parah lagi, dari tiga orang guru atau Ustadza, tidak satupun yang mengetahui nama Wakil Bupati Bulukumba dan spontan Bupati langsung memberi tahu nama wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto.

Meski begitu, Bupati Andi Sukri kembali merogoh sakunya dan masing masing Ustadza diberi uang Rp.100 ribu, demikian pula kepaslda protokol acara, juga mendapat hadiah uang tunai dari Bupati Andi Sukri.

Dihadapan santri, orang tua santri dan para tenaga pengajar, Bupati Andi Sukri mengapresiasi kegiatan wisuda bagi anak TPA, yang diharapkan kedepan menjadi putra putri terbaik bangsa, yang sudah dibekali ilmu agama. ” Saya berharap anak anakku, jangan pernah berhenti belajar utamanya mengaji, sekalipun sudah diwisuda,” pesan Andi Sukri sambil menambahkan, teruslah mengaji dan bekali terus dirimu dengan ilmu agama yang bisa membentengi dirimu.

Selain itu, Bupati juga menitip harapan kepada BKPRMI Bulukumba, agar juga memprogramkan pelatihan bagi guru atau ustadz, termasuk bagaimana agar para guru/ ustadz selain mampu mengajarkan membaca Alquran dengan baik, juga mampu menerjemahkan ayat atau doa yang dibaca. ” Melalui pelatihan saya kira kedepan ilmu para guru mengaji bisa lebih meningkat. “ika gurunya hebat, Insya Allah santrinya juga akan ikut hebat,” kata Bupati AM.Sukri A.Sappewali.- Edy .-