Panwascam Biringkanaya Ajak Masyarakat Bersinergi Sukseskan Pemilu 

oleh

MACCANEWS- Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan Biringkanaya menggelar sosialisasi pengawasan partisipasi dalam rangka pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar tahun 2018 di Dalton Hotel Makassar pada Kamis (10/5/2018).

Kegiatan ini dihadiri 150 peserta yang terdiri jajaran RT-RW, tokoh masyarakat dan perwakilan masyarakat Kecamatan Biringkanaya.

Komisioner Panwascam Biringkanaya, Munawiroh Ira menjelaskan bahwa program ini berasal dari Bawaslu RI kemudian dijalankan oleh pihaknya dengan tujuan untuk menambah wawasan calon pemilih.

“Jadi tujuan dari kegiatan ini untuk memberikan pemahaman kepada 150 peserta, bahwa mereka adalah patner dari Panwas,” jelasnya.

Menurut Ira, peserta ini nantinya akan dapat membantu pihak Panwascam Biringkanaya dalam menyalurkan informasi ke masyarakat terkait pemilu, Ira juga mengaku pihaknya sangat terbatas dari segi jumlah personil.

“Dalam kegiatan ini kami melibatkan warga agar mereka memahami sekaligus membantu Panwas dalam melakukan pengawasan dan juga warga turut berpartisipasi dalam pengawasan langsung,” tuturnya.

Tak hanya itu, pemberian pemahaman terkait money politik juga dilakukan, bahwa tindakan money politik kata Ira bukan hanya terkait pemberian uang saja, namun juga dalam bentuk hadiah dan benda lainnya yang terdapat simbol dari salah satu paslon.

“Kadang politik uang tabuh di masyarakat sehingga diberikan pemahaman. Kemudian netralitas Aparatur Sipil Negeri (ASN) yang menjadi salah satu Panwascam Biringkanaya berikan pemahaman kepada masyarakat, jika menemukan ASN yang mengurus salah satu paslon, maka harus dilakukan secara persuasif,” pungkasnya. (*)