Petugas di Toraja Berhasil Amankan Muda-Mudi di Wisma dan Rumah Kost

oleh

MACCAWNEWS– Petugas Gabungan Pemkab Toraja Utara menjaring Delapan pasangan remaja saat menyasar di sejumlah lokasi yang diduga kerap menjadi tempat maksiat Kamis (24/5)dini hari di Rantepao.

Petugas menjaring pasangan remaja yang masih berstatus pelajar Sekolah Menengah Umum dan SMP ini akibat mereka kerap berdua-duan di dalam kamar Wisma.

Kedelapan pasang remaja ini pun dibawa petugas ke Kantor Satpol PP dan akan diserahkan ke Dinas Sosial untuk pembinaan lebih lanjut karena masih dibawah umur.

Selain wisma, operasi yang dipimpin Sekretaris Satpol PP Toraja Utara, Andarias Sesa ini juga menyisir Rumah Kost, Kontrakan, Karoeke Ballo’ di Kelurahan Tallulolona Kecamatan Kesu’. Juga diamankan puluhan pelayan Cafe karena tidak dilengkapi kartu identitas.

Sekretaris Satpol PP Toraja Utara Andarias Sesa menjelaskan operasi ini bertujuan untuk memastikan THM tutup total selama pelaksanaan Bulan Suci Ramadhan berdasarkan dengan surat edaran Bupati Toraja Utara.

Selain itu juga untuk mendeteksi para pegawai cafe yang positif menggunakan narkoba dan mendeteksi penyakit HIV/AIDS dan penyakit berbahaya lainnya.

Kata Andarias , Ada tiga poin penting dalam operasi terpadu ini, yaitu pemeriksaan KTP, Pemeriksaan Urine dan darah untuk mengatahui apakah ada diantara mereka yang terlibat penyalahgunaan obat terlarang dan mengidap penyakit HIV/AIDS dan memantau tempat hiburan yang masih buka.

” Pihaknya dalam Operasi ini melibatkan Kodim 1414 Tana Toraja, Dinas Kesehatan, BNNK Tana Toraja, FKPPI, Kesbang, Polres, Dinas Ketahanan Pangan dan Dinas Sosial Toraja Utara,” tuturnya.

Lanjut Andarias menambahkan sampai saat ini tidak ada yang terindikasi penyakit HIV dan untuk pemeriksaan dari BNNK tidak ada yang positif menggunakan narkoba

Dirinya berharap kepada masyarakat agar mendukung tim gabungan memberantas narkoba di Toraja Utara, dengan segala bentuk penyakit sosial, agar daerah wisata ini tetap aman.

(SALDI SAMARA)