Timnas Indonesia Target Juara Piala AFF 2018

oleh

MACCANEWS- Indonesia menargetkan juara Piala AFF 2018. Asisten pelatih timnas Indonesia, Bima Sakti Tukiman menegaskan, masyarakat sepak bola di Tanah Air bosan dengan peringkat kedua sepanjang partisipasi skuat Merah Putih pada gelaran turnamen sepak bola terbesar di Asia Tenggara tersebut.

Ia mengatakan, tahun ini, timnas punya kualitas permainan yang lebih baik dari sebelumnya. Tim pelatih juga punya sumber daya pemain dari Liga 1 2018 yang lebih baik dari musim-musim sebelumnya.

“Tadi saya pegang piala tangan kanan, semoga pertanda baik bisa juara. Mohon doanya,” ujar Bima seusai pengundian grup Piala AFF 2018 di Jakarta, Rabu (2/5/2018) sore.

Indonesia tergabung di Grup B bersama Thailand dan Singapura, dua tim tersukses di Piala AFF. Thailand punya lima gelar juara, termasuk pada edisi terakhir 2016. Adapun Singapura memiliki empat gelar.

Komposisi tim peserta di Grup B ini sama seperti Piala AFF 2016. Pada gelaran serupa dua tahun lalu, Indonesia dan Thailand, termasuk Filipina dan Singapura berada di Grup A. Skuat Merah Putih dua tahun lalu, berhasil melaju ke final. Namun gagal juara setelah kalah agregat 2-3 dari Thailand.

Kegagalan Indonesia menjadi juara dua tahun lalu menjadi yang kelima kalinya. Indonesia sejak Piala AFF digelar 1996 silam, tak sekalipun berhasil menempati podium utama. Skuat Merah Putih tercatat sebagai spesialis runner up sebanyak lima kali. Yaitu pada 2000, 2002, dan 2004, berlanjut di 2010, dan 2016.

“Menurut saya ini grup yang berat. Ada Thailand sebagai juara bertahan. Tapi tahun ini beda. Insya Allah kita juara,” tegas Bima. (*)