Dinas DP2 Makassar Gelar Sosialiasi Higenitas Hewan Qurban

oleh

MACCANEWS- Pemerintah Kota Makassar melalui Dinas Pertanian dan Perikanan (DP2) Kota Makassar sosialisasi terkait higenitas hewan qurban, di Hotel Tulip di Jalan Sultan Hasanuddin, Rabu (18/7/2018).

Kepala Dinas Pertanian dan Perikanan (DP2) Kota Makassar, Abd. Rahman Bando mengatakan sosialisasi tersebut terselenggara untuk memberi penjelasan ke masyarakat didalam memilih hewan qurban yang berkualitas.

“Sosialisasi ini dilakukan, dalam upaya bagaimana penanganan hewan qurban mengingat idul Adha tidak lama lagi,” ujar Rahman Bando kepada reporter portalmakassar.com.

Bahkan, And. Rahman Bando, mengatakan jika Kota Makassar akan kedatangan hewan qurban tahun ini kurang lebih 10 ribu ekor.

“Masyarakat Kota Makassar akan kedatangan banyak sekali hewan qurban dengan estimasi tahun ini mencapai 10 ribu hewan qurban,” ungkapnya.

Mengingat jumlah penduduk Kota Makassar melaksanakan ibadah qurban terus bertambah.

“Kita perlu antisipasi memberikan pemahaman kepada seluruh binaan DP2, yakni imam masjid, panitia hewan qurban di semua wilayah,” ujarnya.

Lebih lanjut Rahman Bando menegaskan yang tak kalah penting lagi diberikan pemahaman yakni peternak hewan, mengapa? Karena peternak ini tidak hanya sekadar beternak begitu saja, melainkan harus diberikan pemahaman terkait bagaimana tata cara beternak sesuai dengan Standar Operasi Prosedural (SOP).

“Kelompok peternak ini harus diberikan pemahaman yang lebih, yakni bagaimana memelihara hewan berdasarkan SOP agar hewan yang dipelihara tidak terkontabinasi penyakit,” pungkasnya. (*)