Nicke Widyawati Srikandi Kedua Pimpin Pertamina

oleh

MACCANEWS- Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) resmi melantik Nicke Widyawati menjadi Direktur Utama (Dirut) PT Pertamina (Persero), menggantikan Elia Massa Manik.

Tepilihnya Nicke tampaknya tak terlalu mengejutkan. Pasalnya dalam empat bukan terakhir, ia telah ditunjuk sebagai PLT Dirut Pertamina, setelah beberapa jajaran direksi diberhentikan pada pertengah tahun 2017.

Pengangkatan Nicke dilakukan oleh Deputi Pertambangan, Industri Strategis dan Media Kementerian BUMN, Fajar Harry Sampurno di Gedung Kementerian BUMN, Rabu 29 Agustus 2018.

Dari Plt menjadi Dirut

Semasa menjabat sebagai Plt Dirut Pertamina, Nicke melakukan beberapa terobosan seperti mendorong penambahan produksi blok migas Rokan, dan melakukan eksplorasi 7.000 titik baru.

Inovasi yang dilaksanakan era Nicke sebagai pelaksana tugas adalah keberadaan barcode pada Elpiji untuk mengawasi penyebaran gas melon. Selain itu, ada juga gas Elpiji 3 kilogram berwarna pink.

Akhirnya, Menteri BUMN Rini Soemarno resmi menunjuk Nicke sebagai Dirut Pertamina. Nicke berhasil mengalahkan dua nama lain yang disodorkan Rini ke Presiden Jokowi.

Prestasi Nicke Widyawati

Sebelumnya, Nicke yang merupakan lulusan Institut Teknologi Bandung (ITB) dan Universitas Padjajaran (Unpad) ini, menjabat sebagai Direktur Sumber Daya Manusia (SDM) merangkap Plt Direktur Logistik, Supply Chain dan Infrastruktur di BUMN minyak dan gas (migas) tersebut.

Di luar Pertamina, Nicke pernah menjabat di PT Perusahaan Listrik Negara atau PLN (Persero) sebagai Direktur Pengadaan Strategis 1.

Selain Nicke, Menteri BUMN juga mengangkat dua pejabat lain di Pertamina, yakni Darmawan Samsu sebagai Direktur Hulu dan Koeshartanto sebagai Direktur SDM. (*)