Alhamdulillah! Garuda Muda Indonesia Lolos Perempat Final

oleh

MACCANEWS- Tim nasional (timnas) Indonesia U-16 akhirnya berhasil lolos ke babak perempat final setelah berhasil menahan imbang timnas India 0-0 laga pamungkas Grup C Piala Asia U-16 di Stadion Bukit Jalil, Kamis (27/8/2018) malam.

Pada babak pertama timnas U-16 beberapa kali melakukan serangan berbahaya, namun kerap gagal. Serangan langsung dilancarkan tim asuhan Fakhri Husaini itu sejak awal laga. Kapten tim David Maulana mencoba peruntungannya di menit ketiga.

Sayang, sepakan David dari luar kotak penalti itu melambung di atas gawang lawan. India berusaha untuk menyerang balik dua menit kemudian. Menerima umpan silang dari Ridge Melvin di sisi kiri, Vikram Partap menyundul bola. Tetapi, tandukannya itu masih belum menemui sasaran.

Tim Garuda Muda kembali menebar ancaman di menit ke-18. Memanfaatkan kesalahan bek India, Sutan Zico merebut bola dan melepaskan tembakan. Sama seperti usaha David, bola juga masih melambung tinggi.

Pada menit ke-29, timnas U-16 nyaris memecah kebuntuan. Muhammad Supriadi mendapat peluang emas dan berhadapan langsung dengan Kiper India Niraj Kumar. Sayang, sebelum andalan timnas U-16 itu sempat menembak, Kumar sudah merebut bola.

Pada menit ke-45, giliran Bagus Kahfi yang nyaris merobek gawang India. Bagus yang melihat celah melepas tembakan keras yang membuat Kumar tak mampu berbuat banyak. Namun, bola masih sedikit menyamping gawang India. Hingga peluit panjang tanda berakhirnya babak pertama kedudukan masih 0-0.

Di babak kedua Garuda Indonesia lebih banyak menyerang. Peluang-peluang pun juga banyak tercipta, namun tidak ada gol tercipta. India pun juga banyak peluang tercipta di babak kedua ini.

India melakukan beberapa usaha yang mengancam gawang Ernando. Beruntung, tendangan dari pemain India masih melambung di atas gawang Indonesia. Pada menit ke-55, pemain India, Bikash, mendapat kartu kuning setelah melanggar Supriadi.

Setelah itu, giliran pemain Indonesia, Andre Oktaviansyah, yang mendapat kartu kuning pada menit ke-62 setelah benturan dengan pemain India.

India mendapatkan peluang pada menit ke-63 melalui tendangan Ridge, tetapi tendangannya masih melebar dari gawang Indonesia.

India kembali mendapatkan peluang pada menit ke-72, tetapi tendangan Ricky Shabong belum mengarah ke gawang Indonesia yang tidak dijaga oleh Ernando Ari Sutaryadu.

Pada menit ke-86, Indonesia mendapatkan peluang melalui tendangan jarak jauh dari Brylian Aldama. Namun, bola masih melambung tinggi dari gawang India.

Hingga pertandingan berakhir, skor masih bertahan 0-0. Dengan hasil ini, Indonesia berada di puncak klasemen Grup C, sedangkan India berada pada posisi kedua. Baik Indonesia maupun India berhasil melaju ke babak perempat final Piala Asia U-16 2018.

Susunan Pemain

INDONESIA U-16 (4-3-3)
Ernando Ari; Bagas Kaffa, Komang Teguh Krisnanda, Fadilah Nur Rahman, Yudha Febrian; Brylian Aldama, David Maulana, Andre Oktaviansyah; Sutan Zico, M. Supriadi, Bagus Kahfi
Pelatih: Fakhri Husaini

INDIA U-16 (4-3-3)
Niraj Kumar; Bikash Yumnam, Moirangthem Thoiba Singh, Shabas Ahammed, Gurkirat Singh; Ravi Bahadur Rana, Givson Singh, Ricky John; Bekey Oram, Ridge Melvin, Vikram Partap
Pelatih: Bibiano Fernandes. (*)