Angka TBC Terus Meningkat, Ini Langka Dilakukan SR TB Care Aisyiyah Kota Parepare

oleh

MACCANEWS -Disela-sela acara Capasity Building atau Peningkatan Kafasitas Menajemen Staf TB Care PD Aisyiyah Kota Parepare di Hotel Bukit Kenari Parepare.Jumat, 7/9/2018. Koordinator SR TB Care Aisyiyah Provinsi Sulawesi Selatan Wahriyadi mengungkapkan, Jumlah penderita Tubercolisis (TBC) di Indonesian capai jutaan orang satu tahun dan 140.000 setiap tahunya dinyatakan meninggal.

TBC menurut Wakil Ketua Bidang Kesehatan Pimpinan Wilayah Pemuda Muhammadiyah Sulsel dianggap orang penyakit biasa padahal berbahaya dan menular. Jumlah temuan kasus di Sulsel mencapai ratusan orang maka ini yang dilakukan Aisyiyah dan Ortom untuk mencari warga yang bergejala TBC

TB Care Aisyiyah adalah program penaggulangan Tubercolosis berbasis masyarakat dalam pembagunan kesehatan di Indonesia. “Dengan melalui program ini Aisyiyah menjadi ujung tombak penanggulangan penyakit TBC,”kata Wahriayadi.

Koordinator SR TB Care Parepare Muhammad Kasman mengatakan ,Di Parepare jumlah penderita capai 200 orang. Berbagai program TB Care Aisyiyah dengan pelibatan masyarakat  Pencarian suspek, merujuk pasien dan mengawal pengobatan pasien hingga sembuh. (Herdiman Tabi)