Bupati Barru Apresiasi Acara Mappadendang

oleh

MACCANEWS– Bupati Barru, Suardi Saleh menghadiri Acara Mappadendang atau yang lebih dikenal dengan Pesta Panen berlangsung di Bujung Pulaweng’e Dusun Wattang.Nepo Desa Nepo, Minggu (30/09/18).

Bupati Barru Suardi Saleh dalam sambutannya menyampaikan bahwa mappadenda adalah hal yang perlu dilestarikan sebagai jatidiri masyarakat Barru.

“Saya membayangkan suatu ketika tidak ada upaya-upaya untuk melestarikan namanya budaya adat istiadat, anak-anak kehilangan bijak dia tidak tahu lagi bahwa ada tempat disini yang luar biasa yang namanya bujung pulaweng dan tidak mengetahui apa itu,” ujarnya.

“Alhamdulillah saya sangat mengapresiasi acara yang dilakukan pada hari ini dalam upaya kita melestarikan adat istiadat serta budaya-budaya yang tumbuh didaerah kita ini. Kegiatan ini sangat positif sekali, untuk itu juga kami pemerintah daerah sudah mencoba merancang bagaimana mendorong ini, terkhusus misalnya Mappadendang,” tambahnya.

Bupati berharap kegiatan ini akan lebih  meriah lagi dimasa akan datang, sebab hal tersebut sebagai wujud melestarikan budaya peninggalan leluhur.

“Alhamdulillah beberapa desa melaksanakan kegiatan-kegiatan yang sama walaupun masing-masing ada spesifikasi ada kekhasan, misalnya ada yang melakukan Mappadendang sebelum turun sawah, ada yang melakukan Mappadendang setelah Panen dan sebagainya,” sebutnya.(Iwan)