DP2 Kota Makassar Himbau Mahasiswa Perikanan se-Indonesia Terus Berinovasi

oleh

MACCANEWS- Guna tingkatkan kesejahteraan masyarakat, Kepala Dinas Kelautan, Perikanan, dan Pertanian (DP2) Kota Makassar, Abd. Rahman Bando minta mahasiswa perikanan se-Indonesia hasilkan teknologi pengelolaan sumber daya alam pesisir.

Ini disampaikannya saat memberikan sambutan dan menyerahkan penghargaan kepada pemenang lomba karya tulis ilmiah nasional, Pemanfaatan Sumber daya Perikanan (PSP) 2018, di Baruga Angin Mammiri, Sabtu malam (15/09/2018).

Di mana lomba PSP tersebut juga dirangkaikan milad 20 tahun berlayar Keluarga Mahasisiwa Profesi Pemanfaatan Sumber daya Perikanan, Fakultas Ilmu Kelautan dan Perikanan, Universitas Hasanuddin (Unhas).

“Lagi-lagi ini menjadi upaya bagaimana membangun teknologi pengelolaan sumber daya pesisir atau sumber daya perikanan,” ujarnya.

Menurutnya, sekarang sudah saatnya tidak sekadar menangkap ikan di laut. Melainkan bagaimana mengoptimalkan potensi perikanan untuk menambah pendapatan masyarakat sekaligus meningkatkan devisa negara.

“Jadi kita ini bangsa yang kaya akan sumber daya alam, tapi kita tidak cukup maksimal memberikan sentuhan teknologi untuk bisa melipat gandakan nilai ekonominya,” katanya.

Ia berharap, agar sumber daya perikanan ini bisa dimanfaatkan untuk peningkatan kesejahteraan rakyat.

“Saya berharap kepada anak-anak bangsa sekarang agar teruslah berinovasi, karena mereka ini adalah pelanjut generasi. Di tangan andalah nanti bangsa ini ditentukan,” harapnya.

Lanjut, Rahman menambahkan, agar bukan hanya memperhatikan sistem mobilitasnya. Akan tetapi yang terpenting bagaimana mengeksploitasi sumber daya perikanan dengan ramah lingkungan.

“Ini juga sebagai upaya menjaga keberlanjutan untuk diwariskan ke penerus bangsa di masa mendatang dalam kondisi yang memang layak untuk diwariskan,” tambahnya. (Noval)