Gubernur Serahkan Trophy Juara Lomba Desa Kepada Wakil Bupati Bulukumba

oleh

MACCANEWS.- Gubernur Sulsel Prof.Dr.Ir.H.Nurdin Abdullah.M.Agr, Kamis (28/9) padi tadi menyerahkan tropy dan uang pembinaan sebesar Rp. 100 juta kepada Pemerintah daerah Bulukumba yang diterima Wakil Bupati Tomy Satria Yulianto, di Hotel Four Points Makassar,
setelah Desa Kambuno Kecamatan Bulukumpa ditetapkan sebagai juara pertama lomba desa tingkat Provinsi Sulsel.

Sebelumnya, Desa Kambuno bersaing ketat dengan Desa Lamatti Riaja Kabupaten Sinjai dan Desa Timusu Kabupaten Soppeng, namun Desa Kambuno berhasil mengalahkan saingannya, sekaligus mewakili Sulawesi Selatan pada Lomba Desa Tingkat Nasional.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulawesi Selatan, H.Mustari Soba, melaporkan, selaku Ketua Tim Penilaian Lomba Desa Tingkat Provinsi yang dimulai sejak Juli sampai Agustus 2018 , dari 17 Kabupaten yang mengusulkan desa mengikuti lomba, dari hasil penilaian yang mengacu pada data perkembangan dari dua tahun terakhir dan hasil klarifikasi lapangan di setiap desa, maka Desa Kambuno Kabupaten Bulukumba menjadi Desa yang akan mewakili kita pada Lomba Desa Tingkat Nasional.

Pada kesempatan itu Gubernur Nurdin Abdullah menyampaikan, apa yang telah diraih Kepala Desa, jangan hanya sebatas slogan berupa Piagam atau Piala dan uang pembinaan, tetapi apa yang telah diraih saat ini terkait dengan Innovasi Desa agar ditindaklanjuti dan dikembangkan lebih luas, sehingga apa yang menjadi Inovasi desa dapat dinikmati dan dirasakan oleh masyarakat umum.

Gubernur juga memerintahkan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Sulsel, untuk mencarikan tenaga pendamping / tenaga ahli sehingga ada garansi dari inovasi desa ini.

” Kita jangan terlalu cepat puas dengan apa yang telah diraih, tetapi kita harus terus mengembangkan sehingga inovasi ini bisa lebih sempurna. Tahun 2019 nanti saya akan meningkatkan hadiah untuk lomba seperti ini. Tahun ini Juara 1 hanya mendapatkan hadiah Rp.100 juta, Insya Allah tahun depan kita akan berikan minimal Rp. 1 Milyar. Tentunya dalam bentuk program dan kegiatan yang bertujuan untuk lebih menunjang inovasi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat di desa.

Wakil Bupati Bulukumba Tomy Satria Yulianto usai menerima penghargaan, mengatakan sangat bersyukur apa yang diraih Desa Kambuno Kecamatan Bulukumpa.” Kita berharap apa yang diraih Desa Kambuno saat ini, menjadi motivasi bagi seluruh desa yang ada di Bulukumba. Desa Kambuno harus lebih berbenah lagi untuk mengikuti even selanjutnya yaitu Lomba Desa Tingkat Nasional,” pesan Tomy.

Semua potensi yang ada di Desa, lanjut Tomy, agar lebih dikembangkan, sehingga mampu bersaing dengan Desa lainnya yang ada di Sulawesi Selatan.

” Saya yakin kita mampu berbuat yang lebih baik dari apa yang kita raih saat ini, karena kita memiliki potensi itu. Kita punya banyak kekayaan dibandingkan dengan daerah lainnya, kita punya potensi yang lebih besar untuk digaungkan sehingga daerah kita bisa menjadi daerah pencontohan untuk daerah lainnya,” papar Tomy dengan nada optimis

Kepala Desa Kambuno, Syahrullah Syam, tidak bisa menyembunyikan kebahagiaannya, setelah Gubernur menyerahan tropy dan uang pembinaan, dan diapun menyampaikan terima kasih kepala seluruh pihak, khususnya masyarakat dan aparat desa Kambuno yang telah membantu dan bahu membahu sehingga apa yang kami cita – citakan dapat kami raih hari ini. Ini merupakan motivasi bagi kami untuk bekerja lebih baik lagi, apalagi Desanya akan ikut mewakili Sulsel pada lomba Desa Tingkat Nasional.- Suaedy.-