Korsel Raih Medali Emas Cabang Sepakbola

oleh

MACCANEWS- Timnas Sepakbola Korea Selatan akhirnya meraih medali emas setelah berhasil menang atas Jepang dengan skor 2-1 pada pertandingan final sepak bola putra Asian Games XVIII yang digelar di Stadion Pakansari Cibinong Bogor, Sabtu, 1 September 2019 malam.

Gol-gol tercipta pada perpanjangan waktu. Gol pertama Korsel dicetak oleh Lee Seungwoo pada menit 93 dan kemudian digandakan oleh Hwang Hee Chan di menit 101. Sementara gol jepang dicetak oleh Ayase Ueda pada menit 115.

Korea selatan tak membuang waktu dengan langsung menyerang di babak tambahan pertama. Heung Min Son dua kali membangun serangan langsung menusuk pertahanan Jepang namun penyelesaian pemain Korea Selatan masih melenceng dari target.

Pemain pengganti Lee Seungwoo mencetak gol di menit 93 lewat tendangan keras yang tak bisa dibendung oleh bek maupun kiper Jepang. Heung Min Son yang menusuk masuk ke dalam kotak penalti menggiring bola ke arah titik penalti.

Secara tiba-tiba Lee Seungwoo menyambar bola yang digiring oleh Son sehingga menghasilkan gol. Korea Selatan unggul dengan skor 1-0 di babak tambahan waktu pertama.

Tak menunggu waktu lama, Hwang Hee Chan menggandakan keunggulan di menit 101 lewat pola serangan yang menusuk dari sisi kanan.

Strategi Jepang terlihat berubah sejak awal babak tambahan waktu dengan mengganti pemain belakang dengan gelandang. Akhirnya pada menit ke 115 Jepang berhasil memperkecil kekealahan lewat sundulan Ayase Ueda.

Hingga peluit panjang berakhirnya pertandingan skor tetap tak berubah. Korsel akhirnya meraih medali emas, sementara Jepang harus puas meraih medali perak.

Medali perunggu didapat tim Uni Emirat Arab yang pada pertandingan sebelumnya mengalahkan Vietnam dengan skor 1-0. (*)