Minggu Depan Gubernur Sulsel Akan Lantik Empat Kepala Daerah ini di Baruga Pettarani UNHAS

oleh

MACCANEWS- Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) jadwalkan Pelantikan empat Bupati/Walikota pada tanggal, 26 September 2018 mendatang. Keempat kepala daerah itu yang akan dilantik bersama wakilnya antara lain, Sinjai, Bantaeng, Bone, dan kota Palopo.

Hal itu dikatakan kepala Biro Pemerintahan Sulsel, Ambarala jika Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah akan melantik langsung empat kepala daerah itu di Sulsel Minggu depan.

“Tadi kami rapat dengan empat sekda yang kepala daerahnya akan dilantik. Pak Gubernur Sulsel akan melantik empat kepala daerah itu pada tanggal 26 bulan ini jam 10 pagi, di Baruga Pettarani kampus UNHAS,” ucap Ambarala, ditemui diruang kerjanya, Jumat (21/9/2018).

Ambarala menambahkan, pelantikan Bupati dan Walikota tidak menutup kemungkinan hanya bisa dilaksanakan di kantor Gubernur saja. Menurutnya, dalam aturan pelantikan Bupati dan Walikota dilantik di ibukota Provinsi.

“Dikatakan dalam aturan, Bupati, Walikota beserta wakilnya dilantik di ibukota Provinsi. Ibukota provinsi kita terjemahkan bisa di lapangan Karebosi, bisa di ruang pola kantor Gubernur, kampus UNHAS bisa, kampus lainnya juga bisa. Kalau di Baruga Pettarani UNHAS bisa menampung seribu undangan, kalau di ruang pola hanya bisa menampung empat ratus saja,” ungkapnya.

Pihak Pemprov Sulsel akan menyebar sebanyak seribu undangan untuk pelaksanaan pelantikan empat Bupati dan walikota nantinya.

“Undangan kita sebar seribu lebih, untuk daerah yang akan dilantik kepala daerahnya kita kasi di ratus lima puluh undangan pelantikan kepala daerah, ditambah Provinsi jadi lebih seribu,” ujarnya.

Pelantikan kepala daerah di Sulsel putaran kedua, Ambarala menjelaskan jika Gubernur Sulsel akan melantiknya di kampus berbeda yang ada di kota Makassar sebagai ibukota Provinsi.

“Putaran kedua, pak Gubernur memang mau melantik di kampus berbeda kemungkinan di UIN, atau UNM. Jadi supaya para Bupati dan walikota dimiliki semua pihak, dekat dengan mahasiswa, dan masyarakat. Pak Gubernur mau road show ke kabupaten dan kota membangun sinerginitas untuk bekerja sama para Bupati dan walikota dalam menggenjot pembangunan,” pungkasnya.

Dari informasi yang dihimpun maccanews, pelantikan kepala daerah di Sulsel putaran kedua akan digelar pada Desember tahun ini, sedangkan untuk putaran ketiga akan digelar Maret 2019 mendatang. (*)