Penyuluhan Bahaya Kebakaran Digelar di Kecamatan Rappocini

oleh

MACCANEWS – Kecamatan Rappocini Bekerja sama dengan Dinas Pemadam Kebakaran (Damkar) Kota Makassar dalam meningkatkan pencegahan dan pengendalian bahaya kebakaran angkatan IX, Selasa (25/09/2018).

Pada penyuluhan kali ini Damkar Makassar yang diwakili Kepala Seksi Pengendali Pemadam Kebakaran, Cakrawala melakukan simulasi pencegahan kebakaran didampingi langsung Camat Rappocini, dan disaksikan warga dan seluruh staf di halaman kantor Kecamatan.

Kepala seksi Pengendali Pemadam kebakaran, Cakrawala mengatakan, penyuluhan ini dilaksanakan guna menekan tingginya angka kebakaran yang terjadi di Kota Makassar, khususnya di tingkat kecamatan.

“Tadi dalam sosialisasi kami memberikan tips and trik kepada masyarakat, bagaimana pencegahan dengan mengutamakan perhatian terhadap penggunaan aliran listrik,” ujarnya.

Pada penyuluhan ini, Damkar Makassar memperlihatkan cara memadamkan api tradisional menggunakan media karung goni. Di mana karung goni ini berfungsi menutup akses oksigen pada bidang yang terbakar.

Selain dengan cara tradisional, Damkar Makassar juga memperlihatkan teknik memadamkan api dengan cara modern dengan menggunakan tabung Apar.

“Alhamdulillah Kecamatan Rappocini tabung Apar yang 6 kg cukup memadai yang berfungsi menyelimuti kobaran api, dan kami anjurkan untuk rumah tangga menggunakan tabung Apar 3 kg,” paparnya.

Sementara itu, Camat Rappocini, Sulyadi P Putra turut mengapresiasi Damkar Makassar dalam membantu masyarakat, khususnya di kecamatan Rappocini dalam menanggulangi terjadinya kebakaran sejak dini.

“Nah, dengan adanya sosialisasi dan simulasi yang dilakukan Dinas Kebakaran Kota Makassar, tentunya sangat membantu kami dalam pencegahan dan penanggulangan secara dini dengan menggunakan alat seperti karung goni dana Apar,” ujar Sulyadi.

Dari data yang dipaparkan Dinas Damkar Kota Makassar, pertanggal 1 Januari hingga 25 September 2018. Tercatat, kurang lebih 126 rumah sudah terbakar di Kota Makassar. (Noval)