Rencananya, Jamaah Haji Bulukumba Tiba di Masjid Agung Jumat Malam

oleh

MACCANEWS.- Sesuai jadwal yang ada, rencana pemulangan jamaah haji asal Kabupaten Bulukumba, yang tergabung pada Kloter 30 Embarkasi Makassar, tiba di bandara Internasional Sultan Hasanuddin Makassar, Jumat (21/9) pukul 14.15 wita dan diperkirakan tiba di asrama haji Sudiang pada pukul 16.00 wita.

Hal tersebut terungkap pada rapat persiapan pemulangan jamaah haji asal Bulukumba, dipimpin Asisten Ekbang dan Kesra Djunaedi Abdillah, di ruang kerjanya. Hadir pada rapat tersebut, Staf Ahli Bupati H.Haerul Nurdin, Kabag Kesra Hj.Darmawati, KTU Kemenag H.Muh.Yunus, Kepala Urusan Haji H.A.Mapparola, AKP.Kamil mewakili Kapolres, Kadis Perhubungan di wakili Aswan Bohari, Kasat Pol PP diwakili Andi Arman, Kadis Kesehatan, dan Ketua BKPRMI Umar Tawakkal.

Secara teknis Kabag Kesra Hj. Darmawati menyampaikan, dalam menyambut kedatangan jamaah haji, sedikitnya 14 orang petugas pengamanan dari Polres Bulukumba akan menjemput para tamu Allah di asrama haji Sudiang, dan selanjutnya setiap bus yang akan digunakan jamaah akan didampingi petugas pengamanan. Selain itu juga akan dikawal satu unit mobil Patwal Satlantas Polres Bulukumba dan penutup mobil unit Dinas Perhubungan dan mobil unit Satpol PP.

Djunaedi berharap seluruh pemangku kepentingan untuk bersinergi, apalagi kegiatan ini baru pertama kali dilakukan oleh Pemkab Bulukumba. Pada rapat itu, AKP.Kamil menegaskan, pada pemulangan jamaah haji, akan diterjunkan 300 orang petugas pengamanan, termasuk dari Polres, Kodim 1411, Satpol PP dan dari Dinas Perhubungan.

” Pokoknya pengamanan di masjid harus kita perketat, apalagi diperkirakan rombongan jamaah haji tiba di Bulukumba sekitar pukul 23.00 wita,” jelas AKP.Kamil.
Kemudian masih kata mantan Kasat Lantas Polres Sinjai ini, nantinya yang tidak memiliki id card, tidak bisa masuk ke area masjid.

” Kami dari pengamanan akan perketat pengamanan pemulangan jamaah haji Bulukumba, jadi yang tidak berkepentingan, tidak bisa masuk area masjid saat jamaah haji tiba,” tegas Kamil.

Pada rapat itu juga disepakati, dari Dinas Kesehatan akan menurunkan dua unit mobil ambulans lengkap tenaga dokter dan perawat.

KTU Kemenag H.Muh.Yunus menyarankan, agar sebelum jamaah haji tiba di masjid, agar masjid di strilkan dan masing masing jamaah haji, hanya bisa dijemput satu di area masjid, demi keamanan dan kelancaran proses kedatangan para tamu Allah. Dan sekedar diketahui, hingga Selasa (18/9) dari 413 orang jamaah haji Bulukumba, sudah dua orang jamaah haji Bulukumba yang meninggal dunia. – (Suaedy)