Tewas Ditembak Mati Tim Anti Bandit Polres Gowa, Residivis Curanmor Kini Berakhir

oleh

MACCANEWS-  Tindakan tegas dari Tim Anti Bandit Polres Gowa terpaksa diterima Congkeng alias Tompo Ballang (28th), pada saat dilakukan penggerebekan di pekuburan tua di Dusun Tanggaya Desa Sawakung Toa Kec. Galesong Kab. Takalar, pada hari Kamis (06/9/2018) dini Hari pukul 02.45 wita

Bukan tanpa alasan, pelaku yang mengetahui kedatangan petugas itu, rupanya membabi buta ingin menyerang petugas dengan sebilah parang yang sangat tajam, sehingga dengan terpaksa pelaku diberikan tindakan tegas terukur untuk menghentikan aksinya tersebut.

Adapun Congkeng alias Tompo Ballang ini tewas dalam perjalanan ke rumah sakit. Pelaku yang merupakan seorang residivis kasus curat, curas, dan curanmor lintas Kabupaten ini rupanya diketahui tidak segan-segan melukai korbannya saat beraksi.

Tak tanggung-tanggung, pelaku yang juga seorang DPO Polda Sulsel dan 4 Polres ini terkenal licin saat akan ditangkap. Selama buron, pelaku selalu bersembunyi di dalam “SAUKANG” (kuburan tua yang dikeramatkan) yang berada di hutan bambu Desa Sawakung Toa Kec. Galesong Kab. Takalar.

Berdasarkan penuturan dari warga sekitar, sosok Congkeng membuat warga sangat takut dan tak bisa berbuat apa-apa karena ancaman yang diberikan oleh pelaku apabila ada yang memberitahukan tempat persembunyiannya. Bahkan ketika malam hari, pelaku selalu siaga dengan parang apabila melihat atau mendengar ada orang yang mendekat ke arah tempat persembunyiannya.

Meskipun diketahui memiliki ilmu kebal, namun dengan keyakinan dan tanggung jawab, usai mendapatkan informasi dari masyarakat tentang lokasi persembunyian Congkeng, Tim Anti Bandit langsung menuju ke lokasi untuk melakukan penggerebekan dan pelaku pun berhasil diringkus meskipun terpaksa harus menerima timah panas dari petugas akibat dari aksinya yang berusaha mengancam keselamatan petugas saat digrebek.

Ungkapan apresiasi pun berdatangan dari masyarakat Kabupaten Takalar, Kabupaten Jeneponto dan khususnya Kabupaten Gowa yang sangat senang dan bangga atas kinerja Tim Anti Bandit Polres Gowa yang telah berhasil menindak tegas pelaku kejahatan jalanan yang sangat meresahkan masyarakat.

“Kami himbau kepada seluruh masyarakat, khususnya masyarakat Kabupaten Gowa agar tidak segan-segan dan tidak takut dalam memberikan informasi sekecil apapun tentang aksi kejahatan kepada Kami,” terang Kapolres Gowa Akbp Shinto Silitonga, SIK., MSi saat dikonfirmasi.

Kapolres Gowa juga menegaskan kepada rekan-rekan Congkeng yang masih buron / DPO agar segera menyerahkan diri ke kantor polisi terdekat. “Kami akan terus melakukan pencarian kepada kalian, hingga ke dalam lubang semut sekalipun,” tegas Shinto Silitonga. (*)