Bakal Adopsi Teknologi Perikanan Jepang, Gubernur NA Sebut Langkah Baik Penuhi Pasar Ikan Dunia

oleh

MACCANEWS- Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah (NA) serius memajukan sektor perikanan di Sulsel.

NA akan menjadikan sektor budidaya perikanan sebagai pengembangan sumber daya manusia di Sulsel. Sala satunya dengan cara mengirimkan sebanyak mungkin tenaga kerja ke Jepang untuk belajar teknologi perikanan.

“Peraturan pemerintah sudah dibatasi alat tangkap, maka kita coba menggalang teknologi budidaya. Nah budidaya ini akan tentu akan menciptakan banyak lapangan kerja. Saya sepakat mengembangkan ini, karena akan mengembangkan sumber daya manusia kita. Jadi kita akan mengirim banyak tenaga-tenaga kerja kita yang berminat di budidaya perikanan,” kata NA, Rabu (17/10/2018).

NA menambahkan mengadopsi teknologi perikanan dari Jepang adalah sebuah langkah untuk memajukan Sulsel kedepannya.

“Tentu kalau ini berhasil, maka satu langkah maju bagi Sulsel untuk memenuhi pasar ikan dunia, itu fresh. Saya kira tidak ada ruginya kita mengadopsi teknologi perikanan,” tambahnya.

Terkait banyaknya jumlah tenaga yang akan dikirim ke Jepang, NA masih melakukan negosiasi dengan pihak Jepang.

“Kita masih negosiasi, siapa menanggung apa. Tapi saya sudah menyampaikan bahwa untuk pengembangan skil, tiket dari sini kita bisa menanggungnya. Tetapi, biaya hidup disana mereka yang menanggung, itu masih proses kita bicarakan,” jelasnya. (*)