Genjot Produksi Pertanian, Wagub Sulsel Minta Pemerintah Kabupaten dan Kota Optimalkan Irigasi

oleh

MACCANEWS- Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Andi Sudirman Sulaiman mengungkapkan tahun depan akan lebih memfokuskan pembangunan untuk memajukan Sulsel, sebab tahun 2018 ini dirinya bersama Gubernur Sulsel, Nurdin Abdullah belum bisa menjalankan program strateginya mengingat baru beberapa Minggu dilantik memimpin Sulsel.

Maka dari itu, Wakil Gubernur Sulsel, Andi Sudirman Sulaiman ingin Pemerintah kabupaten dan kota mengajukan program strategis yang berdampak baik bagi masyarakat luas.

“Kedepannya kami ingin kabupaten dan kota mengajukan berapa program asal programnya strategis dan selama perencanaannya bermanfaat bagi masyarakat. Kami akan memaksimalkan berbuat asal itu strategis,” ucapnya, Kamis (4//10/2018).

Andi Sudirman Sulaiman menambahkan kedepannya ingin menjadikan sektor pertanian Sulsel menjadi andalan utama Sulsel.

“Kedepannya kita akan bangun sistem penangkaran. Artinya kita mau bibit pertaniannya unggul, dan kita akan aktifkan kembali penangkaran yang ada di kabupaten,kota. Kita memang belum evaluasi secara menyeluruh, masalah penjualannya jadi nanti kita akan siapkan trik yang berbeda. Kita mau sistemnya ini diperbaiki secara betul, jadi peluang merosotnya hasil pertanian tidak akan ada. Jadi kita akan bentengi sistem yang baik di kabupaten dan kota,” ujarnya.

Bahkan Andi Sudirman Sulaiman mengajak media berperan aktif mendorong pemerintah kabupaten dan kota di Sulsel untuk mengoptimalkan irigasi sebagai sumber kehidupan petani.

“Kita mau media terus menyoroti secara kencang irigasi, kita mau bagaimana menantang semua kabupaten, kota untuk menyelesaikan persoalan. Ini memang persoalan kecil, tetapi kita mau pemerintah kabupaten, kota memperhatikan lahan pertanian masyarakat yang kering disampingnya sungai-sungai. Kita mau media bersatu kejar persoalan ini karena ini memudahkan kita, ini sudah bergulir di media. Nah ini cara memotivasi mereka di daerah untuk mencari jalan atau cara dan agar mereka fokus dengan hal ini,” ujarnya.

“Bayangkan kesenjangan kita masih tinggi, kita di dominasi petani di Sulsel, maka otomatis petani yang kasihan,” tambahnya.

Andi Sudirman merencanakan dalam waktu dekat akan ke Taiwan untuk bekerja sama terkait metode pembuatan irigasi.

“Kita akan ke Taiwan contek dan mengambil metode irigasi mereka, kita akan membuat di Sulsel seperti irigasi mereka. Kita akan bawa kesana orang teknis, orang ahli perencanaan, dan satu orang untuk pertanian. Jadi kita bawa orang nantinya kesana sesuai kebutuhan kita,” jelasnya. (*)