Gubernur NA Buka Kompetisi Bergengsi Festival Pelajar #3

oleh

MACCANEWS– Gubernur Sulawesi Selatan Nurdin Abdullah membuka Festival Pelajar #3 di Sulsel padati gedung Celebes Convention Center (CCC), Sabtu (27/10/2018) pagi.

Festival ini merupakan ajang kompetisi pelajar terbesar di Sulsel, dilaksanakan oleh Dinas Pendidikan (Disdik) Sulsel. Diikuti oleh ribuan siswa-siswi sekolah tingkat SMA/SMK di Sulsel. Di pusatkan di Celebes Convention Center (CCC) sebagai pusat lokasi acara.

“Saya berharap Festival Pelajar #3 akan mendorong anak-anak kita berprestasi bukan cuma bikin cerdas tapi moral bangsa, kita berharap generasi kedepan jadi agen perubahan,” kat Nurdin Abdullah.

Nurdin menekankan, peningkatan kualitas pendidikan dari segi transformasi digital menjadi tantangan besar bangsa, sehingga hadirnya kompetisi bergengsi seperti ini dinilai mampu menjadi wadah perkembangan siswa untuk bereksperimen.

“Saya yakinkan kita semua bahwa gejolak global mendorong kita untuk semakin meningkatkan diri terhadap daya saing. Sekarang ini era transparansi, tranformasi, digitalisasi. Dunia sudah di genggaman kita,” lanjutnya.

Nurdin juga menyinggung jika dengan memperbanyak kegiatan positif maka meminimalisir kesempatan siswa untuk salah pergaulan. Ia menekankan, untuk mewaspadai bahaya narkoba. Karena ini menjadi ancaman bersama. Bersama Forkopimda, Pemerintah Provinsi Sulsel terus menjadikan Sulsel sebagai daerah bebas Narkotika.

“Sulsel menjadi provinsi bebas narkoba dan itu harga mati,” ucapnya.

Festival pelajar ini Ia harapkan menjadi ajang introspeksi diri dan saling mengisi. Bukan hanya bagi para pelajar, tetapi juga para sekolah termasuk kepala sekolah dan guru-guru.

“Mudah-mudahan ini kita semua lakukan, diujung nanti kita akan cetak hasil prestasi anak-anak kita yang semakin gemilang,” harapnya.

Sementara, Kepala Disdik Sulsel, Irman Yasin Limpo dalam sambutannya senada dengan Nurdin Abdullah jika festival ini jadi ajang introspeksi diri.

“Bagaimana menjadikan ini sebagai introspeksi diri untuk menjadi lebih baik kedepannya,” ujarnya.

Setelah sukses digelar di tahun pertama dan kedua. Untuk tahun ketiga penyelenggaraan, panitia mencatat sebanyak 16.500 peserta yang telah melakukan registrasi untuk melakukan pertandingan pada empat titik yang tersebar di Makassar. Diantaranya di CCC sebanyak 7.000 peserta, Unhas 4.000, UNM 3.200, selebihnya di Dinas Pendidikan.

Festival Pelajar #3 ini digelar mulai 27- 29 Oktober. Event ini juga dijadikan ajang kualifikasi untuk beberapa lomba nasional. Seperti Olimpiade Sains Nasional (OSN), Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN), Festival dan Lomba Seni Siswa Nasional (FLS2N) dan LKS SMK.

Tak hanya untuk kualifikasi, panitia juga menyelenggarakan lomba nonkualifikasi. Diantaranya lomba keagamaan: adzan, MTQ, kalam jamaie, pesparawi dan dai pelajar. (*)