Hewan Ternak Sering Akibatkan Macet, Ini Solusi Camat Manggala

oleh

MACCANEWS – Akibat sering menyababkan macet di jalan Raya Tamangapa. Camat Manggala, Andi Fadli lakukan peninjauan terhadap pembebasan lahan sebagai jalur alternatif untuk hewan ternak.

“Jadi kan sapi selama ini melalui jalan Raya Tamangapa untuk mencari makan di sekitar TPA, karena daerah-daerah belakangnya itu kan banyak juga tanaman di situ. Nah kita berupaya untuk membuatkan jalur atau akses ke jalan kampung di belakang, yang bisa juga dimanfaatkan oleh masyarakat, termasuk juga nanti bisa dilalui ternak sapi,” tuturnya.

Pihaknya mengatakan, telah mengajukan permohonan ke dinas Pekerjaan Umum, Penataan Ruang dan Pertanahan Kota Makassar untuk selanjutnya dilakukan pembebasan lahan di Kecamatan Manggala. Sebelumya, Andi mengaku telah melakukan Komandan Rayon Militer (Danramil) Kota Makassar untuk memberikan bantuan terkait adanya pembebasan jalan Kecamatan Manggala. “Kita juga sudah melakukan komunikasi dengan warga, termasuk dengan peternak yang memang ternaknya sangat dekat dari akses jalan yang rencana kita bebaskan,” terangnya.

“Jadi nanti nda lewat jalan raya mi. Saya tinjau bagaimana kondisinya, selanjutnya kita lapor ke dinas terkait untuk dilakukan pembebasan lahan. Kalau kita usulkan tahun ini, berarti realisasinya paling cepat tahun depan pengadaannya,” ujarnya, Sabtu (6/10/2018).

Eks Sekretaris Camat Manggala ini menambahkan, selain menjadi jalur lalu lintas hewan ternak, warga pun dapat memanfaatkan lahan baru tersebut sebagai jalan warga.

“Diharapkan nanti dengan adanya akses tersebut, selain dimanfaatkan oleh warga sendiri, juga bisa dilalui oleh hewan ternak untuk mencari makan di area persawahan di belakang,” tandasnya. (Noval)