Ini Alasan PD Parkir Terapkan Sistem E-parking

oleh

MACCANEWS – Perusahaan Daerah (PD) Parkir Makassar Raya telah resmi melakukan Memorandum of Understanding (MoU) dengan PT Kinarya Terbaik Indonesia, pada Rabu (24/10/2018) lalu.

Kerjasamanya berupa penerapan teknologi parkir berbasis elektronik (e-parking), yang rencananya akan dipasang ditiga titik, yakni ruas Jalan RA Kartini, Jalan Somba Opu, dan Jalan Penghibur.

Direktur Operasional (Dirops) PD Parkir, Syahrir Sappaile mengatakan saat ini PD Parkir memiliki dua misi yang ingin dicapai, yaitu adanya peningkatan mutu pelayanan dan pendapatan perparkiran.

“Kenapa kami lakukan kerja sama ini, karena kami ingin parkir ini dikelola secara profesional. Kami ingin melihat dulu, apakah ke depan kami akan tetap kerja sama dengan pihak ketiga atau mengelola sendiri,” ujarnya saat menjadi narasumber pada acara Coffee Morning, di Kopi Alps, jalan Ratulangi, Makassar, Kamis (25/10/2018).

Sementara, Direktur Operasional PT Kinarya Terbaik Indonesia, Wahyu Ramadhan menjelaskan kelebihan dari teknologi e-parking, seperti: mendukung pemberlakuan tarif progresif, sumber energi mandiri menggunakan tenaga surya, keyboard layar sentuh terintegrasi, mendukung pembayaran non tunai – CASHLESS, virtualisasi tiket parkir melalui identifikasi dengan plat nomor, memungkinkan pengguna untuk memilih diskon, terhubung dengan platform parkir IEM, mentransmisikan setiap transaksi parkir secara real time, dan material yang ramah lingkungan. (Noval)