Ini Hadiah Gubernur NA di Hari Jadi Selayar

oleh

MACCANEWS– Jelang hari jadi kabupaten Selayar ke 413 tahun yang bakal digelar bulan November 2018 mendatang. Masyarakat kabupaten Kepulauan Selayar patut bersyukur dan berbahagia atas kado hari jadi daerahnya yang akan diberikan oleh Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), Nurdin Abdullah.

Hal itu terungkap saat Bupati Kepulauan Selayar, Basli Ali usai diterima langsung oleh Gubernur Sulsel di ruang kerja Gubernur, beberapa hari lalu. Basli Ali menyebutkan selain dihadiri langsung Gubernur, juga akan menyumbang kapal feri untuk mempermudah transportasi masyarakat ke kabupaten Selayar.

“Pak Gubernur dalam rangka ulang tahun kabupaten Selayar sudah sepakat akan menyumbangkan kapal Feri. Anggarannya puluhan miliar dari APBD pokok Pemprov tahun anggaran 2019, sesuai janji bapak Gubernur. Nanti akan diberikan di hari jadi kabupaten Kepulauan Selayar lengkap dengan desainnya. Kapal itu kapasitasnya yang terbaiklah karena kapal itu adalah feri bukan kapal biasa, sesuai janji bapak Gubernur, ” kata Basli Ali.

Basli Ali menambahkan, juga melaporkan ke Gubernur Sulsel terkait persiapan pelaksanaan festival ‘Takabonerate’. Pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar berharap pemerintah Provinsi membantu pihaknya untuk menarik para wisatawan berkunjung ke daerahnya.

“Kami juga melaporkan terkait persiapan festival ‘Takabonerate’. Kita sampaikan ke bapak Gubernur jika festival ‘Takabonerate’ nantinya bisa menjadi magnet bagi para wisatawan untuk mengunjungi kabupaten Kepulauan Selayar. Pak Gubernur juga akan hadir di festival nanti,” tuturnya.

Bahkan Basli Ali berharap pemerintah Provinsi menjadi fasilitator terkait pulau Kakabia yang diklaim Pemerintah Buton Selatan sebagai wilayahnya. Sementara di pulau Kakabia terdapat tugu jika pulau tersebut masih dalam wilayah Sulsel.

“Terakhir kami melaporkan ke bapak Gubernur, jika saat ini pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar menggugat kabupaten Buton Selatan. Kami menggugat terkait dengan wilayah, karena pembentukan kabupaten Buton Selatan kordinatnya sudah masuk ke kabupaten Kepulauan Selayar. Yang mana sala satu pulaunya yakni pulau kakabia, disana sejak tahun 70 an sudah ada tugu disana yang menandakan jika pulau itu adalah wilayah kabupaten Kepulauan Selayar Sulawesi Selatan,” jelasnya.

Persoalan Perbutan pulau kakabia yang mana kepulauan Selayar Sulsel dengan kabupaten Buton Selatan masih tengah berlangsung di Mahkamah Konsitusi. Pemerintah kabupaten Kepulauan Selayar berharap pemerintah Provinsi untuk memfasilitasi persoalan tersebut. (*)