Ketua PKK Sulsel Kunjungi Desa Pelangi di Luwu

oleh

MACCANEWS- Ketua tim penggerak PKK Sulawesi Selatan, Liestiaty Nurdin mengunjungi Desa Buntumatabing, Kecamatan Larompong, Kabupaten Luwu, Senin (29/10/2018). Kunjungannya itu, untuk melihat secara langsung daerah yang dijuluki “desa pelangi” itu.

Dalam kesempatan itu, Liestiaty memberikan dukungan kepada Desa Buntumatabing yang ingin ikut memperebutkan predikat sebagai desa sehat se-Indonesia.

“Diupayakan semuanya untuk ikut itu. Karena memang banyak persyaratan yang harus dipenuhi kalau mau rebut predikat itu,” kata Lies, sapaan akrab Liestiaty Nurdin.

Salah satu hal yang paling utama ditekankan Lies, yakni kepemilikan Mandi, Cuci, Kakus (MCK) semua rumah yang ada di desa itu. Apalagi memang kata dia, kepemilikan toilet di rumah-rumah menjadi faktor penting untuk menunjang kesehatan warga.

“Tapi katanya sudah 99 warga punya WC, bagus kalau begitu. Sisa yang lain yang perlu dibenahi,” lanjut istri Nurdin Abdullah ini.

Lies berpesan, agar seluruh perangkat desa dan masyarakat, terus berupaya menjaga dan mewujudkan Desa Buntumatabing sebagai desa sehat.

“Mudah-mudahan ibu, pak desa di sini membangun desa ini. Insyaallah Pemprov akan mensupport selama itu untuk masyarakat,” pungkas Lies.

Sementara itu, Kepala Desa Buntumatabing, Hidayat berharap Pemprov Sulsel memberikan dukungan untuk mewujudkan Buntumatabing meraih predikat desa sehat.

“Kita berupaya ikut lomba mewakili Provinsi Sulawesi Selatan sebagai desa tersehat di tingkat nasional. Karena kita ini sementara berbenah,” ujarnya.

“Selain itu kita juga ingin mewujudkan desa ini sebagai desa wisata. Makanya ada beberapa hal yang kita rencanakan, dan akan kita wujudkan untuk menjadi desa wisata,” tutup Hidayat. (*)