KKSS EROPA Antarkan “Andi” Meraih Master di Perancis

oleh

MACCANEWS- 17 Oktober 2018 Ade Andi Hendrawan mahasiswa magister manajemen pariwisata di Universitas Angers Perancis akan mempertahankan tesisnya yang berjudul Pemberdayaan KKSS Eropa (KKSSE) Dalam Promosi Pariwisata Indonesia di Eropa.

Ketertarikannya mengkaji tema tersebut karena merasa terketuk dan terpanggil melihat kiprah organisasi paguyuban yang sangat getot mempromosikan pariwisata Sulawesi Selatan dan Indonesia secara suka rela dan gotong royong. Kedua sifat yang menjadi karakter dasar bangsa kini mulai tergerus oleh peradaban, namun hal masih terjaga, terpelihara dan terinternalisasi dalam kehidupan warga KKSS  meskipun telah lama menetap di luar negeri.

Hasil temuannya menjelaskan bahwa KKSSE memiliki potensi untuk melakukan promosi pariwisata, diantaranya, kemampuan berbahasa lokal, memahami karakter masyarakat lokal, mampu menjadi pelaku pariwisata, mendapatkan dukungan dari pasangan (diaspora), memiliki kemampuan mengelar evant skala besar.

“Implikasi dari  promosi pariwisata yang di lakukan KKSSE menunjukkan hasil yang lebih efektif, efisien, dan tepat sasaran, produktif serta berkelanjutan ujar Andi.

Jamal Jahid selaku pendiri KKSSE, merasa bangga dan memberi selamat kepada, Andi dan terima kasih yang telah mentransformasi Peran KKSSE bukan hanya sebatas organisasi paguyuban tetapi telah merambah ke dunia akademik sebagai kajian keilmuan. Hasil kajian penting  sebagai pertimbangan bagi pemerintah dalam menginovasi model promosi pariwisata melalui pemberdayaan komunitas yang berada di pasar wisatawan. (Humas KKSS)