KPK Datangi Malang, Siapa Lagi yang Ditangkap?

oleh

MACCANEWS- Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dikabarkan kembali datang ke Kota Malang. Menurut informasi yang dihimpun, sejumlah penyidik dari lembaga anti rasuah tersebut terlihat beraktifitas di Mapolres Malang Kota, Senin (8/10/2018).

Saat dikonfirmasi, Kapolres Malang Kota, AKBP Asfuri mengaku, KPK meminjam ruangan eksekutif di Mapolres Malang Kota. Ruangan itu diketahui digunakan penyidik KPK untuk menggelar rapat tertutup sekitar pukul 10.00 WIB.

“Kalau jumlahnya (anggota KPK), saya kurang tahu. Tadi saya cuma ketemu sama Ketua Tim-nya. Tadi, mereka (tim KPK, red) pinjam ruangan untuk rapat sebentar. Tapi kami tidak tahu untuk kegiatan apa,” katanya kepada awak media, Senin 8 Oktober 2018.

Asfuri menambahkan, KPK juga meminta bantuan personel untuk mengawal kegiatan mereka selama di Kota Malang. Namun, maksud kedatangan KPK masih belum diketahui, apakah mengembangkan kasus lama atau penyelidikan kasus baru.

“Ada enam personel untuk mendukung pelaksanaan kegiatan mereka dan langsung kami siapkan. Tapi untuk apa itu, kami kurang tahu karena itu ranahnya KPK,” jelasnya.

Sementara itu, menurut informasi di kalangan polisi, ada enam mobil KPK yang datang ke Polres Malang Kota yang berisikan rombongan sekitar 35 orang. Puluhan orang itu kemudian menggelar pertemuan di ruangan eksekutif sekitar 15 menit.

Sebelumnya diberitakan, KPK menetapkan 22 anggota dewan sebagai tersangka baru dalam kasus suap pembahasan APBD Perubahan Kota Malang Tahun Anggaran 2015, pada Senin 3 September lalu.

Hingga saat ini ada 41 anggota DPRD Kota Malang yang telah ditahan sebagai tersangka oleh KPK. Selain itu juga KPK juga menangkap dua pejabat eksekutif Kota Malang. (**)