Presiden Jokowi Pimpin Doa Untuk Korban Gempa Saat Membuka MTQ Nasional ke XXVII di Astaka Medan

oleh

Laporan H.Suaedy Lantara

Dari Medan Sumatera Utara

MACCANEWS.-  Presiden RI Joko Widodo mengajak seluruh masyarakat Indonesia mendoakan korban gempa dan tsunami di Palu, Donggala, Sigi Provinsi Sulawesi Tengah saat membuka Musabaqah Tilawatil Qur’an ( MTQ ) Nasional ke XXVII yang dipusatkan di gedung serbaguna Astaka jalan William Iskandar Deli Serdang, Medan Provinsi Sumatera Utara, Minggu (7/10) malam ini, dan pembukaan  ditandai pemukulan beduk oleh Presiden Joko Widodo,  didampingi Menko PMK Puang Maharani, Menteri Agama Lukman Hakim dan  Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi

Pada pembukaan MTQ Nasional tersebut, Presiden RI didampingi Ibu Negara Iriana Joko Widodo sejumlah pejabat negara seperti Menko PMK Puang Maharani, Menteri Agama Lukman Hakim, Menteri Tenaga Kerja Hanif Dakiri, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo dan Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan dihadiri ribuan warga setempat tersebut 34 kontingen dari seluruh Indonesia.

Sebelum Presiden membuka MTQ tersebut, diawali dengan penampilan tarian  pelajar yang berasal dari kota Medan, kemudian laporan panitia pelaksana dan sambutan dari Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi.

Dihadapan ribuan orang yang memadati Gedung serbaguna Astaka, Presiden menyatakan, Al-Qur’an diturunkan sebagai pedoman untuk ummat Islam dari fase jahiliah menuju fase nur terang benderang.

Dilaporkan sebelum Presiden Joko Widodo membuka MTQ, orang nomor satu di Republik ini menghadiri tiga rangkaian acara di Provinsi Sumatera Utara, diantaranya menerima gelar Tuanku Sri Indra Utama Junjungan Negeri yang disematkan Sultan Deli ke-14 Tuanku Mahmud Lamatjitji Perkasa Alam di Istana Maimun.

Selanjutnya Presiden Jokowi bersama rombongan melanjutkan kegiatan menghadiri Paguyuban Masyarakat Jawa Sumatera Utara di Kabupaten Deli Serdang dan selanjutnya Presiden menghadiri kegiatan Rapat Kerja Nasional Majelis Adat Budaya Melayu Indonesia (MABMI) di hotel Adimulia, Medan.

Sekedar diketahui Presiden RI bersama Ibu Negara tiba di Bandara Internasional Kualanamu, Kabupaten Deli Serdang, Provinsi Sumatra Utara pada pukul 09.40 WIB menggunakan pesawat Kepresidenan disambut Gubernur Sumatra Utara Edy Rahmayadi, Pangdam I/Bukit Barisan Mayjen. TNI M Sabrar Fadhilah, dan Kapolda Sumut Irjen Pol Agus Andrianto.-