Stand Aceh Diserbu Pengunjung, Pamerkan Kopi Khas Malam

oleh

 

Laporan H.Suaedy Lantara
Dari Lokasi Pameran MTQ Nasional di Medan Sumatera Utara

MACCANEWS.- Beberapa menit setelah pameran UKM Bazar dalam rangka MTQ Nasional di Medan Provinsi Sumatera Utara, oleh Gubernur Sumatera Utara Edy Rahmayadi, sejumlah stand dari berbagai Provinsi berlomba memperkenalkan produk unggulan masing masing daerahnya.

 

Tak terkecuali stand Provinsi Sulawesi Selatan yang berdampingan dengan stand DKI Jakarta, memperkenalkan berbagai jenis kain, termasuk kain dari Kabupaten Wajo yang dijaga Kabag Kesra Andi Erna bersama Kabag Kesra Bulukumba Hj.Darmawati.
Selain kain khas Bugis Makassar, juga dipamerkan songkok pamiring khas kabupaten Bone.

Sementara stand Provinsi Aceh yang dikenal sebagai serambi Mekkah, terlihat banyak dikunjungi, baik kalangan ibu maupun laki, termasuk diantaranya penulis. Pasalnya di stand Aceh, dipamerkan berbagai jenis kopi. Termasuk kopi khas yang diminum pada malam hari.

Tengku Fakhri, penjaga stand Aceh yang menawarkan kopi secara gratis kepada setiap pengunjung menuturkan, kopi yang paling banyak diminati, selain kopi luwak, ada juga kopi khas malam, namanya kopi Hananan.
” Kopi jenis Hananan bagus diminum pada malam hari dan khusus bagi para suami,” kata Tengku Fakhry kepada penulis.

Karena penasaran, penulis mencoba kopi khas malam ” Hananan”. Meskipun bagus diminum pada malam hari, tetapi penulis tetap mencoba, ingin membuktikan cerita Tengku Fakhry. Dan hasilnya memang lumayan bagus.

Penulis pun bercerita kalau di daerahnya di Kabupaten Bulukumba Sulawesi Selatan, juga ada kopi khas lelaki, namanya kopi ” Strong” . Mendengar namabya, Tengku Fakhry tersenyum dan menyatakan kalau kopi khas Aceh lebih strong..sambil terbahak bahak. Penulis pun disuguhi kopi oleh Tengku Fakhry, sambil diminta untuk tidak banyak berjalan. ” Habis minum kopi ini bapak diam dulu yah,” pesan Tengku Fakhry dan penulis pun diam dan selanjutnya penulis keluar meninggalkan stand Aceh sambil melihat beberapa stand Provinsi lain.+**.-