Waduh! Tambang Liar Kian Marak di Barru : LSM Gerak Akan laporkan Tambang Pasir di Polda

oleh

MACCANEWS– Ketua Umum LSM Gerak Provinsi Sulsel Kadar Hakim,pemerintah daerah dan pihak keamanan di daerah lain sangat aktif menertibkan penambang liar, justru penambang liar di Kabupaten Barru semakin marak.

Salah satu penambang liar di daerah ini terdapat di Dusun Salomoni, Desa Lipukasi, Kecamatan Tanete Rilau.bahkan banyak daerah lain di Kabupaten Barru.

Saat kami LSM Gerak melakukan investigasi di tempat penambang yang diduga penambang liar tersebut, ditemukan aktivitas penambang di dua titik. Penambang tersebut mengeruk pasir di lokasi Sungai Salomoni. “ungkap Kadar Hakim.

Ia menambahkan Truk pengangkut pasir di lokasi tersebut setiap hari mengkangkut pasir untuk dibawa ke konsumen, seorang warga Salomoni, yang ditemui Pornas menuturkan bahwa aktivitas penambangan di Dusun Salomoni Desa Lipukasi ini telah berlangsung lama.

Lanjut dia mengatakan, penambangan liar tersebut juga menimbulkan debu ketika panas matahari sehingga meresahkan warga sekitar. “Karena penambang melakukan pengerukan di lokasi Sungai, dikhawatirkan bekas galian pasir tersebut yang sudah menjadi danau bisa menimbulkan longsor,” tandasnya.

LSM Gerak Kabupaten.Barru berharap kepada Pemerintah Kabupaten Barru agar lebih tegas dalam menertibkan penambang-penambang liar karena selain tidak memperhatikan dampak lingkungan, juga tidak memiliki kontribusi terhadap pendapatan daerah.

Pihak Pemkab sebaiknya bekerjasama dengan aparat kepolisian dan TNI untuk menertibkan penambang liar seperti yang dilakukan daerah lainnya di Provinsi Sulawesi Selatan ini. Penambang liar beserta alat-alat yang digunakan seperti truk dan eskavator serta mesin pompapasir sebaiknya ditertibkan dan dibawa sebagai bukti terjadinya pelanggaran.”papar Kadar Hakim kepada Maccanews.com Selasa 30 Oktober 2018.(Irfan)