Asosiasi Tirta Salewangang Siap Mengawal Issue  Air Minum Penyehatan Lingkungan

oleh

MACCANEWS – Asosiasi SPAMS Perdesaan Tirta Salewangang  Kabupaten Maros menggelar kegiatan Pelatihan Peningkatan  Kinerja Kelembagaan Kelompok Pengelola Sistem Penyediaan Air Minum Dan Sanitasi (KPSPAMS) di 2 (dua) cluster wilayah Kabupaten Maros pada tanggal 14-15 Nopember 2018.

Cluster I ( satu) untuk wilayah Kecamatan Camba, Cenrana dan Mallawa dipusatkan di Aula Kantor Kecamatan Camba, Sedangkan Cluster II (dua) meliputi Kecamatan Bantimurung, Simbang, Bontoa, Maros Baru, Mandai, Moncongloe, Tanralili, Tompobulu dipusatkan di Aula Rumah Makan Nusantara Maros.

Menurut Ketua Asosiasi SPAMS Perdesaan Tirta Salewangang Kabupaten Maros Ade Permana sebagai Ketua Panitia Pelaksana, Kegiatan ini bertujuan  untuk meningkatkan kapasitas pengurus KPSPAMS di wilayah kerjanya dalam rangka peran dan fungsi KPSPAMS dalam mengawal keberlanjutan program Pamsimas di wilayah Desa/Kelurahan yang sudah diintervensi oleh Program Pamsimas.

Peserta yang hadir pada kegiatan ini sebanyak 87 orang yang terdiri dari Ketua, Sekretaris dan Bendahara masing-masing KPSPAMS di 29 ( Dua Puluh Sembilan)  Desa/Kelurahan Pamsimas tahun 2014 – 2017.

Dalam sambutan pembukaan acara pelatihan,  Budiyanto, SKM mewakili DPMU Pamsimas dari Dinas Kesehatan mengatakan bahwa peran dan fungsi Asosiasi SPAMS Perdesaan Tirta Salewangan sangatlah besar dimasa-masa yang akan datang  sebagai mitra pemerintah Kabupaten Maros dalam mengawal issue-issue Air Minum Penyehatan Lingkungan. Ditingkat Desa/Kelurahan diharapkan KPSPAMS dan Kelompok Keswadayaan Masyarakat (KKM)  melibatkan masyarakat rentan termasuk penyandang disabilitas untuk terlibat di tahapan oporasional dan pemeliharaan sarana dengan selalu berkordinasi dengan pemerintah Desa/Kelurahan dan sanitarian Puskesmas Kecamatan.

Nur Khalis, ST, DC Pamsimas Kab. Maros mengatakan beberapa Tema Materi yang disampaikan oleh Tim Pemandu dari Roms 15 Pamsimas Maros diantaranya Awareness, Pemberdayaan Masyarakat, Mengenal KPSPAMS Pembaru, Penguatan Kelembagaan KPSAPMS dan  Tata Kelola KPSPAMS.