Banggar DPRD Makassar Gelar Rapat Bersama SKPD Bahas APBD 2019

oleh

MACCANEWS- Dari Rp888,11 miliar lebih atau 21,50 persen dari total belaja daerah Kota Makasssar yang dialokasikan kepada Dinas Pendidikan Kota Makassar, hanya Rp255,13 miliar lebih yang dikelola langsung.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Makassar, Hasbi menjelaskan bahwa Rp255,13 miliar lebih tersebut sudah termasuk Biaya Operasional Sekolah (BOS). Sementara Rp632,97 miliar lebih merupakan gaji dan sertifikasi guru.

“Ini memang kelihatan besar, tapi sebenarnya tidak. Karena sebagian besar dari dana itu merupaka gaji dan sertifikasi. kita itu hanya Rp255 miliar yang dikelola,” kata Hasbi, Selasa 13 November 2018.

Dengan demikian dana yang dikelolah murni oleh Dinas Pendidikan, yang bersumber dari APBD maupun dari APBN, hanya sebesar Rp123 miliar lebih.

“Jadi, kita ini berbeda dengan SKPD lainnya. Kalau di SKPD lain nominalnya sekian, maka itulah yang benar-benar mereka kelolah,” jelasnya.

Meski bersumber dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Dana BOS tetap dibukukan oleh Dinas Pendidikan Kota Makassar sebagai pemasukan daerah Kota Makassar. (*)