Dekranasda Sulsel dan Dekranasda Sumbar Sinergi Dukung Pemasaran Produk UMKM

oleh

MACCANEWS – Dekranasda Sulawesi Selatan dan Dekranasda Sumatera Barat menyatakan komitmennya untuk mendukung pengembangan produk UMKM sehingga dapat semakin dikenal seluruh kalangan.

Hal tersebut disampaikan Ketua Dekranasda Sulsel, Liestiaty Nurdin Abdullah, saat Temu Bisnis dalam rangka kerjasama kemitraan antara Pemprov Sumatera Barat (Sumbar) dengan Pemprov Sulsel melalui Dekranasda Sumatera Barat, di Singgasana Hotel, Sabtu (17/11/2018).

Menurut Istri Gubernur Sulsel itu, potensi produk UMKM di Sulsel sangat besar makanya terus digalakkan promosi agar semakin dikenal di daerah lain, makanya pola yang dilakukan Sumatera Barat dengan keliling Indonesia melakukan pameran akan diterapkan pada pola pemasaran UMKM di Sulsel.

“Pola promosi Dekranasda Sumbar patut dicontoh, mereka sangat serius memperkenalkan hasil kerajinan tangan keliling Indonesia. Tahun depan akan diterapkan, dan saya akan bawa UMKM memperkenalkan produk mereka juga,” kata Ibu Lies didampingi Ketua Dekranasda Sumatera Barat, Hj. Nevi Irwan Prayitno.

Dia menjelaskan, sebelum gencar melakukan promosi ke seluruh Indonesia, pihaknya memastikan akan memperbaiki kualitas produk UMKM Sulsel agar mampu bersaing.

Apalagi memang tidak dipungkiri sudah banyak produk kerajinan Sulsel begitu terkenal dan diminati, seperti produk dari Toraja, Sutera Sengkang dan terakhir kolaborasi dengan Pemprov Bali dengan menghadirkan motif tenun batik Bali Magis (Makassar-Bugis) beberapa waktu lalu.

Sementara itu, Humas Dekranasda Sulsel Warni Saharuddin dalam laporannya mengatakan, pameran produk UMKM yang digelar sejak 15 dan berakhir 18 November di Makassar bertujuan untuk mendorong tumbuh kembangnya UMKM di Sumbar agar semakin dikenal.

Makanya pada kesempatan tersebut, pihaknya membawa tujuh pelaku UMKM potensial dari kerajinan hingga makanan. “Kami berharap dari kegiatan ini terbangun kemitraan yang saling menguntungkan antara pelaku UMKM Sumbar ke pembeli, pengusaha atau pedagang para perantau Minang yang sukses,” jelasnya. (*)