Karutan Pinrang Ajak Warga Binaannya Teladani Rasulullah

oleh

MACCANEWS– Kepala Rumah Tahanan Negara (Karutan) Pinrang, Ali Imran, mengajak seluruh warga binaan untuk mengenang lahirnya Nabi Muhammad SAW melalui Peringatan Maulid Nabi yang dilaksanakan secara serentak pada hari Selasa (20/11/2018).

Bertempat di Mesjid Al Ikhlas Rutan Pinrang, acara Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW digelar dengan mendatangkan Penceramah Ustad Abd. Kadir Selaku Pembina Kajian Islami dari Al Azhar,Leppangang, Kab. Pinrang.
“Maulid adalah momentum bagi kita semua untuk kembali mengingat kembali lahirnya Nabi besar Muhammad SAW, karena Nabi Muhammad SAW adalah pribadi yang uswatun hasanah, berwatak mulia, lemah lembut, jujur, santun, amanah, dan selalu menyampaikan kebenaran,” tutur Imran.

Ia menambahkan Rasulullah dengan segala nilai-nilai yang diajarkan wajib diteladani oleh seluruh umat Islam, “Kita sebagai umat Islam wajib tentunya meneladani sosok dan semangat jihad yang Rasulullah ajarkan, Hanya dengan meneladani sifat baginda Nabi itulah,umat bisa mengejawantahkan Islam yang rahmatan lil ‘alamin.” Imbuhnya.

Sementara itu, Ustad Kadir menyampaikan bahwa peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW adalah bentuk rasa cinta umat Islam kepada Rasulullah. Karenanya kata dia, umat Islam harus melantunkan shalawat sebagai bentuk ekspresi rasa cinta.
“Bukan hanya saat peringatan Maulid Nabi Muhammad saja, tapi usai shalat lima waktu atau di kesempatan yang lain, juga setiap dalam pengajian yang kita laksankan sehari-hari.” ujarnya.
Ustad Kadir juga menambahkan bahwa yang paling penting juga adalah bagaimana membumikan ajaran Islam yang dibawa langsung oleh Rasulullah sebagai utusan bagi semesta alam.
Ceramah singkat Ustad Kadir ini cukup membuat para warga binaan sedikit mendapat siraman rohani. Terbukti mereka terlihat khidmat dalam mendengarkan ceramah yang juga mengisahkan bagaimana perjuangan Nabi dalam memperjuangkan Agama Islam.

Dalam acara yang dilaksanakan secara serentak berdasarkan Surat Edaran Ditjenpas, dihadiri seluruh Staf Rutan dan 427 orang warga binaan Rutan Pinrang. (Andi Udin)