RSUD Latemmamala Siap Menuju Status Tipe B

oleh

MACCANEWS– Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah, didampingi Bupati Soppeng Kazwadi Razak, berkunjung ke RSUD Latemmamala, Kamis (22/11/2018). Nurdin Abdullah meninjau sejumlah fasilitas, termasuk ketersediaan unsur pendukung lainnya.

Kedatangan Nurdin Abdullah memenuhi permintaan Kepala UPTD RSUD Latemmamala, Nirwana. “Sekarang pelayanannya sudah masuk tipe B, tetapi kami masih tetap kelas tipe C. Jadi Pak Gub menantang kami untuk menjadi (RS) regional,” kata Nirwana.

Terkait hal tersebut, Nirwana menyatakan siap. Apalagi, karena secara pelayanan kita sudah siap dan mengarah ke standar RS Regional. Termasuk kekurangan dan stagnan jumlah tenaga kesehatan, karena statusnya yang masih tipe C. Sehingga Ia berharap, gubernur dapat menyetujui perubahan status tersebut.

Nurdin Abdullah melihat hampir seluruh ruangan di rumah sakit yang memiliki luas lima hektare ini, termasuk ruangan IGD dan ruangan pasien gangguan jiwa. Pada prinsipnya, setelah melihat kondisi yang ada, ia setuju untuk ditingkatkan ke tipe B.

“Apalagi di sini merupakan jalur perlintasan dari kabupaten lain,” ujarnya.

Namun, yang perlu menjadi perhatian adalah jumlah ketersediaan dokter dan tenaga kesehatan lainnya di puskesmas di Soppeng.

“Kita ada progran dengan Unhas untuk mengisi puskesmas yang belum ada dokternya,” imbuhnya.

Bupati Soppeng, Kazwadi, menyampaikan, walaupun tunjangan dokter paling tinggi di Sulsel ada di Soppeng, tetapi masih kekurangan tenaga dokter. (*)