Dua Desa dan LSM Studi Karya di Kebun Kamtibmas Polres Selayar

oleh

MACCANEWS- Seksesnya pengelolaan Kebun Kamtibmas Polres Kepulauan Selayar yang dikelola Aiptu Hasan, ternyata menjadi daya tarik bagi Masyarakat. Hari ini Minggu, 09/12 sebanyak 2 Desa yakni Desa Bonerate dan Desa Majapahit Kecamatan Pasimarannu melakukan Study Karya di Kebun Kamtibmas yang terletak di Kel. Putabangung Kec. Bontoharu Kepulauan Selayar tersebut.

Kegiatan ini diikuti Langsung oleh Kades Majapahit Ane Budi dan Kades Bonerate Muh. Arsyad Manaba bersama Timnya masing-masing. Tidak hanya dari 2 Desa, Study karya juga diikuti Lembaga Swadaya Masyarakat PiS. Com (Peduli Selayar Community) yang membawa para pengurusnya.

” Awalnya kami baca di Medsos dan mendengar keberhasilan Kebun Kamtibmas yang dikelola Pak Hasan. Olehnya itu saya dengan Pak Desa Majapahit sepakat untuk melakukan Study karya langsung. Dan setelah kami konfirmasi dibantu oleh Ketua LSM Peduli Selayar, akhirnya kami bisa bertemu Pak Hasan dan Alhamdulillah hari ini kami dapatkan banyak ilmu yang bermanfaat bagi Warga kami ” Kata Kades Bonerate Muh. Arsyad

Kades Majapahit menambahkan bahwa study karya di Kebun Kamtibmas sangat cocok bagi Desa-desa yang ingin mengembangkan pertanian di Desanya.

” Selama ini kami study banding keluar daerah, padahal di daerah sendiri ada. Cuaca dan tanahnya hampir sama, jadi selain biayanya sedikit,saya pikir lebih efektif dan lebih tepat kami belajar di Kebun Kamtibmas ini” Ungkap Ane Budi

Sementara itu Aiptu Hasan S. Sos menjelaskan bahwa selain dilakukan bimbingan dengan penjelasan tata cara bercocok tanam, diskusi dan memberikan motivasi, pada study karya ini Langsung dilakukan praktek menanam Kol, jagung dan kacang tanah.

Sebagaimana kita ketahui Kebun Kamtibmas beberapa Minggu lalu Panen Bawang merah yang hampir mencapai 4 Ton. Hasilnya kemudian dijual ke Masyarakat Selayar Rp. 18.000/ Kg dimana harga ini jauh lebih murah dari harga pasar yang saat ini mencapai Rp 25.000/ kg.(Ucok Haidir )