Pengamat Sebut PDIP Berpeluang Tambah Kursi di DPRD Sulsel

oleh

MACCANEWS- Pengamat politik dari Universitas Islma Negeri Alauddin Makassar (UINAM), Firdaus Muhammad menyebutkan jika Partai Demokrasi Indonesia Perjy (PDIP) di Sulsel bakal mendapat tambahan kursi pada pemilu 2019 mendatang.

Firdaus mengatakan penambahan tersebut didasari karena PDIP Sulsel memenangkan Pilgub Sulsel lalu, dan PDIP massif mensosialisasikan pasangan calon Presidennya, Jokowi-Ma’ruf di seluruh kabupaten dan kota di Sulsel.

“PDIP memungkin dapat tambahan kursi karena efek pilpres dan menang pilgub. Tapi tidak terlalu signifikan karena Gunernur yang mereka menangkan, Nurdin Abdullah bukan kader PDIP sehingga sulit besarkan partai. PDIP juga sangat massif mensosialisasikan Jokowi ke tengah masyarakat,” kata Firdaus Muhammad, Sabtu (8/12/2018).

Sementara sekertariat DPD PDIP Sulsel, Rudy Pieter Goni mengatakan jika PDIP dalam mencapai misi politiknya pada pemilu 2019 tidak bergantung pada kepala daerah yang pihaknya menangkan. Melainkan murni perjuangan dan kerja keras para kader PDIP se Sulsel.

“Kami dalam menjalankan misi politik tidak pernah bergantung pada siapa saja dalam mencapai target politik. Perolehan kursi yang ada sekarang di DPRD Sulsel murni kerja keras kader-kader PDIP. Untuk 2019, memang kami target penambahan kursi dan menargetkan menjadi pemenang pemilu di Sulsel, dan itu akan kami capai dengan sinerginitas dan kerja keras seluruh kader bersama para calon-calon legislatif,” jelasnya.

Sementara direktur Indek Politica Indonesia (IPI), Suwandi Idris Amir peluang PDIP tembus tiga besar di DPRD Sulsel pada pemilu 2019 mendatang.

“Peluang PDIP disulsel cukup besar tembus tiga besar. PDIP potensi diurutan ke tuga setelah Golkar dan gerindra di Sulsel. PDIP cukup diuntungkan issu pilpres, sebab jokowi kader pdip,” pungkasnya. (*)