Pengamanan Debat Capres Berlapis Empat

oleh

MACCA.NEWS- Sebanyak 2.000 personel Polda Metro Jaya (PMJ) dipersiapkan mengamankan debat calon presiden sesi pertama, Kamis (17/1/2019), dalam empat lapis. Polisi menyiapkan skenario terburuk termasuk jalur evakuasi ke rumah sakit.

“Pola pengamanan melibatkan 1.560 personel PMJ dan di-backupTNI sehingga kurang lebih 2.000 orang. Mereka dibagi menjadi empat ring,” kata Karo Penmas Polri Brigjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri Kamis (17/1).

Ring pertama domain Pasukan Pengamanan Presiden (Paspampres) dengan sandi pengamanan waskita karena di sana ada presiden.

Ring kedua di dalam gedung Bidakara. Pada lapis ini tanggung jawab ada di tangan Polri bersama Paspampres.

Ring ketiga merupakan tanggung jawab Polri, yakni meliputi halaman parkir.

Ring keempat pengamanan di jalur masuk serta jalur escape VVIP, baik melalui udara, darat, termasuk ke RS terdekat.

“Semua skenario termasuk arus lalu lintas sudah dipersiapkan. Penyekatan dua kubu juga sudah disiapkan dengan baik,” sambungnya.

Pengawalan massa dilakukan oleh personel PMJ. Juga sudah disiapkan kantong massa karena batas masing-masing pendukung yang boleh masuk hanya 100 orang. Karena itu tidak menutup kemungkinan para pendukung yang tidak bisa masuk akan berada di halaman parkir.

“Kami fokus di Bidakara. Kalau di luar Bidakara cukup (jajaran) Polres dan Polsek terdekat. Kami lihat dinamika masyarakat khususnya para pendukung paslon,” pungkasnya. (*)