RSUD Andi Makkasau Akan Dilengkapi Cath Lab

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE- Rumah Sakit UmumDaerah (RSUD) Andi Makkasau Parepare akan dilengkapi perangkat Cath Lab atau Kateterisasi Jantung & Angiografi. Cath Lab ini merupakan suatu tindakan medis atau diagnostik invasif yang berfungsi untuk mendeteksi penyempitan atau sumbatan pembuluh darah jantung/koroner.

Melalui prosedur ini, dapat diketahui jenis tindakan yang sesuai bagi pasien. Sehingga dokter dapat merekomendasikan tindak lanjut pengobatan yang mana tergantung dari hasil angiografi. Tindakan termasuk pasang ring jantung, intervensi dengan balon, atau tindakan operasi bypass. 

Hal Ini disampaikan Wali Kota Parepare, HM Taufan Pawe. Iya mengatakan harga cath lab tersebut senilai Rp. 15 miliar.

“Tahun ini saya akan beli alat medis yang modern, yaitu Cath Lab. Jadi masyarakat Parepare yang ingin pasang ring jantung tak perlu lagi ke luar kota,” katanya, Sabtu (19/1/2019).

Terpisah, Plt Direktur RSUD Andi Makkasau, dr Renny Angreani Sari, mengatakan, pihaknya saat ini telah dilengkapi peralatan Laparoscopy, endoskopi, CT Scan, Athroscopy, Bor Hole untuk bedah kepala, TMS (alat neurologi). dan tahun ini rencananya dianggarkan untuk penyediaan Cath Lab.

“Kecanggihan perangkat Cath Lab, tahun ini bakal hadir di RSUD Andi Makkasau dan tahun ini rencananya dianggarkan untuk penyediaan perangkat tersebut,” ujarnya. (*)