Gratis Periksa Kolestrol Dan Gula Darah Di Stand Dinkes Parepare

oleh

MACCANEWS, PAREPARE- Siapkan pelayanan gratis khususnya untuk kolesterol dan gula darah, Dinas Kesehatan Kota Parepare dipadati masyarakat yang ingin melakukan pemeriksaan.

Hal itu diungkapkan ahli gizi Puskesmas Madising Na Mario, Dianika Damayanti. Iya mengatakan banyak masyarakat yang mengantri untuk melakukan pemeriksaan, namun dibatasi hanya 50 orang perhari.

“Untuk pemeriksaan memang dibatasi, tapi untuk konsultasi dilayani hingga malam hari. Jadi kalau ada warga yang ingin melakukan pemeriksaan baiknya datang pagi hari, karena kalau telat biasanya sudah tidak terlayani dan kami sarankan untuk datang lagi esok harinya,” ujarnya saat ditemui distand pameran pembangunan bertajuk Parepare Fair, di Lapangan Andi Makkasau Parepare, Rabu (20/2/2019).

Setelah pemeriksaan kolesterol dan gula, selanjutkan akan dilakukan konsultasi gizi.

“Kalau dari hasil pemeriksaan terdeteksi kolesterol maka akan kami sarankan untuk  mengkonsumsi makanan yang berserat tinggi dan tentunya berolahraga. Kalau untuk gula kami sarankan 3J yaitu, mengatur jadwal makan, jumlah makanan, dan jenis makanannya,” jelas Dianika.

Untuk petugas kesehatan tambah dia, digilir setiap puskesmas.

“Kalau sekarang dari Madising, kalau besok petugas kesehatannya dari puskesmas yang lain lagi,” ujarnya.

Selain pelayanan pemeriksaan gratis, Dinkes juga membuka layanan konsultasi menyusui bagi ibu. (Sha)