Mahasiswa Asal Mallusetasi Meneliti di 3 Negara

oleh

MACCA.NEWS- Kunjungan Mahasiswa Program Pascasarjana UMPAR tahun 2015 silam di 3 negara yaitu, Malaysia, Thaliland dan singapura, salah satu Mahasiswa pps UMPAR ikut serta dalam kunjungn riset 3 negara adalah sosok Muhammad Fadli Alimuddin, asala Kampung Baru Kel. Palanro Kec. Mallusetasi Kab. Barru, putra kedua dari pasangan bapak Alimuddin, S. Pd dan Hj. Rusmiati, S. Pd.

Muhammad Fadli telah sukses dalam kunjungan internasional bersama dengan 20 Mahasiswa Pascasana UMPAR prodi PAI, ada yang menarik dari kunjunga n akademik tersebut ialah saat beliau berada di negara konflik Thailand, di negara tersebut terjadi diskriminasi agama dan kriminalisasi asasi ke Agamaan. Menurut Muhammad Fadli saat beliau berkunjung di negara tersebut pada tahun 2015 silam, bahwasanya Agama Islam cukup minoritas di negara tersebut sehingga sangat kesulitan adanya perkembangan-perkembangan yang signifikan terhadap kemajuan Islam, khususnya pada jalur pendidikan. Kaum Budhis atau penganut Agama Budha cukup mayoritas di sana sehingga sangat mudah bagu Mereka mengatur keadaan khususnya pada konteks aturan kebijakan kenegaraan. Terjadi dis-integritas dan diskriminasi pada wilayah-wilayah Kemanusiaan, maka pihak-pihak Islam yang sementara duduk sebagai parlementer sangat intens berjuang demi tegaknya kebebasan menganut ajaran Agama Islam di Thailand selatan yakni (Fatoni, Ya’la, Natriwat, Songklak) ke empat provinsi itu adalaha basis Ummat Islam.

Pondok Pesantren dan Madrasah mengalami keterlambatan kemajuan sebab adanga faktor penghambat dari pihat sentralistik khususnya di wilayah kota Bangkok sebagai ibukota negara Thailand. Olehsebab itu, kunjungan Mahasiswa Program Pascasarjana UMPAR ke negara tersebut, ingin melakukan riset akademik terkait kondisi Keberagamaan warga Thailand selatan ditengah konflik Agama.

Maka tentu hasil dari riset Mahasisw Pascasarjana Umpar di 3 negara akan dipersentasekan di gedung aula UMPAR pada seminar hasil riset tersebut. Dan ini bisa mendongkrak nilai plus dari civitasi kampus kedepannya, boleh jadi kedepannya pihak BAN-PT memberikan apresiasi terhadap kemajuan Mahasiswa umpar dan akreditasi Prodi akan naik menjadi Akreditsi A) pada PRODI pendidikan Agama Islam (PAI).