Mengenal Fitur Keamanan di Instagram

oleh

MACCA.NEWS– Guna memastikan platform Instagram bersih dari hal-hal yang melanggar aturan dan mengganggu kenyamanan para penggunanya, Instagram telah merilis sejumlah fitur keamanan, baik untuk melindungi diri sendiri maupun penggguna yang lain. Berikut ini beberapa fitur keamanan yang mungkin saja tidak Anda ketahui di Instagram:

Melihat postingan yang melanggar Pedoman Komunitas Instagram

Jika Anda melihat sebuah postingan yang seharusnya tidak berada di Instagram, Anda dapat melaporkan postingan tersebut kepada Instagram. Untuk melaporkan sebuah postingan, klik ikon “…” di pojok kanan atas postingan atau profil seseorang. Anda juga dapat melaporkan komentar yang tidak pantas dengan menggeser komentar tersebut ke arah kiri. Sedangkan untuk melaporkan konten negatif di Stories, Live dan IGTV, Anda hanya perlu mengklik ikon “…” di bagian bawah layar.

Anda juga dapat melaporkan pesan masuk yang dikirimkan seseorang melalui Direct. Cukup dengan menekan dan menahan pesan tersebut selama beberapa detik dan pilih opsi “Laporkan”. Setiap laporan di Instagram bersifat anonim, sehingga orang yang Anda laporkan tidak akan tahu bahwa Anda telah melaporkan postingan mereka. Jika konten yang dilaporkan terbukti melanggar Pedoman Komunitas Instagram, Instagram akan segera menghapusnya.

Mengalami perundungan atau intimidasi

Instagram juga memiliki fitur yang dapat membantu melindungi Anda dari pengalaman yang tidak menyenangkan. Jika Anda tidak mau berinteraksi dengan sebuah akun tertentu, Anda dapat memblokir akun tersebut, sehingga mereka tidak dapat melihat profil Anda atau membuat komentar di postingan Anda. Saat Anda memblokir sebuah akun, mereka tidak akan mendapat notifikasi apapun dan Anda dapat berhenti memblokir mereka kapan saja.

Anda juga dapat mengendalikan komentar di postingan Anda serta dapat mengatur agar orang lain tidak dapat meninggalkan komentar di postingan Anda. Untuk mengakses fitur-fitur ini, kunjungi Pengaturan dan pilih “Kontrol Komentar”

Melindungi privasi

Anda memiliki kendali terhadap apa saja yang ingin dibagikan di Instagram. Anda dapat membuat akun menjadi privat, sehingga dapat mengatur siapa saja yang bisa mengikuti Anda di Instagram dan menghapus pengikut tertentu kapan saja. Anda juga dapat menonaktifkan “Status Aktivitas” agar orang tidak dapat melihat bahwa Anda sedang online. Untuk mengaktifkan semua fitur tersebut, pilih “Privasi dan Keamanan” di bagian Pengaturan.

Jika ada sebuah foto atau video yang ingin Anda hilangkan dari Feed, Anda dapat menghapusnya dengan mengklik “Hapus” di bagian atas postingan, atau Anda dapat mengarsipkan postingan tersebut. Jika ingin membagikan Stories hanya kepada orang-orang tertentu, Anda juga memiliki pilihan untuk membuat daftar teman dekat di Stories dan membagikan postingan hanya dengan orang-orang yang telah Anda masukkan ke dalam daftar tersebut. Untuk membuat daftarnya, Anda harus mengunjungi profil Instagram Anda dan mengklik pilihan “Teman Dekat” di bagian menu. (Rahayu Puspita)