Nurdin Abdullah: Masyarakat Pulau Harus Jadi Perhatian

oleh

MACCA.NEWS- Gubernur Sulawesi Selatan HM Nurdin Abdullah dan istri Liestiaty F Nurdin menghadiri puncak Peringatan Hari Jadi Kabupaten Pangkep ke-59 di Lapangan Minasa Te’ne, Kecamatan Minasa Te’ne, Pangkep, Kamis (21/2).

Kehadiran Nurdin Abdullah langsung disambut dengan prosesi adat Angngaru. Tema tahun ini “Dengan Peringatan Hari Jadi Ke-59 Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan, Kita Tingkatkan Semangat Kerja Menuju Pangkep yang Maju, Inovatif dan Kolaboratif”.

Gubernur menyampaikan Kabupaten Pangkep memiliki potensi yang besar, baik di wilayah daratan maupun kepulauannya.
Dan yang perlu menjadi perhatian serius adalah warga yang ada di pulau.

Pangkep memiliki 117 pulau dan yang berpenghuni sekira 80an pulau. Masalah yang dihadapi Pangkep adalah kemiskinan yang angkanya masih tinggi di wilayah kepulauan. Persoalan lainnya adalah masalah transportasi.

“Tentu masyarakat kita di pulau harus menjadi perhatian kita. Kenapa karena persoalan kemiskinan,” kata Nurdin Abdullah.

Sebenarnya menurut Nurdin, Pangkep adalah daerah yang kaya. Hanya saja persoalan listrik dan transportasi yang menjadi indikator kemiskinan, belum terselesaikan di wilayah pulau.

“Pangkep ini kaya, cuma karena pulau-pulau ini ada masalah listrik, yang merupakan indikator kemiskinan, ini soal infrastruktur, jangan berkecil hati,” sebutnya.

Terkait hal ini, Nurdin Abdullah mengaku Provinsi akan membantu, terutama untuk program prioritas. Seperti diketahui, Sulsel memiliki APBD Rp10 triliun dan akan membantu daerah yang membutuhkan.

Salah Satu upaya yang dilakukan Pemerintah yakni dengan berupaya menghadirkan tranportasi yang baik. Mendukung program Pemkab, setidaknya dua kali dalam sebulan ke pulau-pulau guna menyediakan layanan transportasi penjemputan bagi warga.

“Nanti provinsi fasilitasi dari pulau kecil ke pulau besar,” ujarnya.

Selain pemerintah, pihaknya juga mendorong swasta masuk ke pulau untuk menghasilkan listrik dengan Power Plan. Sementara untuk infrastruktur lain seperti jalan, jika daerah tidak memiliki anggaran yang cukup, akan difasilitasi melalui bantuan Keuangan Daerah.

“Dan akses jalan kalau itu tanggung jawab daerah kita berikan bantuan keuangan daerah, dan bapak yang kerjakan sendiri,” sebutnya.

Untuk tahun depan, program yang akan dihadirkan di Pangkep yakni membangun Instalasi Pengolahan Air (IPA) dengan sumber air baku di wilayah Tabo-tabo, Pangkep. Selain itu akan dilakukan pengerukan sungai agar transportasi masyarakat dapat berjalan dengan baik.

Diakhir sambutan, Nurdin berpesan agar masyarakat Pangkep dapat menciptakan pemilu yang damai.

Dalam kunjungan kali ini, Nurdin menyerahkan bantuan ambulans laut dan juga meresmikan sejumlah proyek tahun 2018 dan melaunching Pangkep TV.(*)