Sambut HUT Kota Parepare Ke-59, Disdikbud Akan Gelar Pawai Budaya

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE- Pemerintah Kota (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayan (Disdikbud) Parepare akan menggelar Pawai Budaya Daerah 2019 bertajuk Berkepribadian dalam kebudayaan dalam rangka menyambut Hari Ulang Tahun (HUT) Kota Parepare ke-59, Kamis (14/1/2019).

Kepala Bidang Kebudayaan Disdikbud Parepare, Mustadirham mengatakan dalam pawai budaya tersebut akan menampilkan beragam kostum budaya Nusantara, sejumlah tarian, musik tradisional dan juga permainan tradisional.

“Kostum pasti beragam yah, karena yang ditampilkan kostum budaya nusantara. Kalau tarian ada gendrang bulo, sayyang pattudu’ dari kerukunan keluarga mandar, seni tari barongsai dari paguyuban etnis tionghoa Parepare, gamelan jawa atau campur sari dari kerukunan keluarga jawa, serta permainan mallongga. Semua itu nanti jadi pembuka sebelum para peserta mulai melakukan pawai,” papar Mustadirham, Rabu (13/1/2019).

Pawai budaya tersebut kata dia, juga bertujuan untuk memperkenalkan kebudayaan kepada pelajar sebagai generasi penerus bangsa.

“Melihat temanya memang untuk melestarikan dan meningkatkan kebudayaan di Indonesia. Untuk itu, kita juga perlu memperkenalkan kepada pelajar bahwa parepare itu sangat kompleks dan didalamnya terdapat beragam etnis,” lanjutnya.

Adapun peserta yang mengikuti kegiatan tersebut sebanyak 134 kontingen.

“Pesertanya dari SD, SMP, dan SMA/SMK Sederajat. Pawainya dimulai pukul 08.00 am, Titik kumpul didepan SMP 9 Parepare, dan finish di alun-alun Lapangan Andi Makkasau Kota Parepare,” jelasnya. (Sha)