Tarian dan Permainan Tradisional Ramaikan Pawai Budaya Parepare

oleh

MACCANEWS.COM, PAREPARE- Sejumlah pertunjukan budaya, mulai dari kostum, tarian dan permainan tradisional ditampilkan dalam pawai budaya yang digelar oleh Pemerintah Kota Parepare (Pemkot) Parepare melalui Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Didisbud) Parepare, Kamis (14/2/2019).

Tarian dan permainan tradisional yang menyita perhatian warga yang menyaksikan pawai budaya tersebut, yakni Sayyang Pattudu’ yang ditampilkan oleh kerukunan keluarga mandar, seni tari barongsai dari paguyuban etnis tionghoa, kesenian campur sari yang dibawakan oleh kerukunan keluarga jawa, dan permainan mallongga.

Wali Kota Parepare, Taufan Pawe mengatakan pawai budaya ini merupakan perwujudan Parepare menuju kota tanpa cerobong asap melalui pilar kepariwisataan.

“Event ini merupakan jawaban awal dalam komitmen kita menuju kota industri tanpa cerobong asap. Selain itu, saya juga berterima kasih atas semua pihak yang telah terlibat,” katanya.

Sementara Ketua Panitia Pawai Budaya, Mustadirham mengatakan pawai budaya ini merupakan ajang promosi budaya kepada masyarakat dan para pelajar, serta memperkenalkan ikon-ikon yang ada di Parepare.

“Pawai budaya ini memang kita buat berbeda dengan adanya tarian-tarian yang ditampilkan tadi. Semua itu tentunya untuk melestarikan budaya-budaya yang ada di Parepare yang multi cultural dan etnis ini,” jelas Mustadirham. (Sha)