Gubernur Minta Revitalisasi Jangan Rusak Keindahan Danau Tempe

oleh

MACCA.NEWS – Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel), HM Nurdin Abdullah, meminta kepada pihak terkait agar revitalisasi yang sedang dilakukan tidak merusak keindahan dan keaslian Danau Tempe. Sebab pemerintah, baik provinsi maupun kabupaten, tidak mengurus hulu.

“Nanti kita akan bangun tempat wisata yang bagus, tapi harus dijaga dengan baik ini. Dan jangan sampai ini jadi daratan semua karena kita tidak tangani hulu,” kata Nurdin Abdullah saat meninjau langsung proyek revitalisasi Danau Tempe, Sabtu (23/3).

Menurut Nurdin Abdullah, Danau Tempe selain untuk tempat pembibitan ikan, juga sebagai tempat penampung air dari empat sungai dari tiga kabupaten. Yakni Soppeng, Wajo dan Kabupaten Sidrap.

“Danau ini kan menjadi tempat pendapatan baru bagi seluruh masyarakat disini. Nanti kita akan kolaborasi dengan pemerintah kabupaten,” ujarnya.

Untuk diketahui, fungsi utama Danau Tempe yakni, untuk penampungan air baku, perikanan, pertanian, perendaman banjir bagian hilir danau dan objek wisata. Namun, semua potensi tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal. (*)